Rabu 15 Dec 2010 03:27 WIB

Penyebab Jalan Amblas di Petojo Masih Diselidiki

Rep: c22/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jalan Petojo, Jakarta Pusat amblas pada Senin malam, (13/12). Tepatnya, di Jalan Petojo VIJ RT 002 RW 06 Kelurahan Cideng, Gambir, Jakarta Pusat. Di jalan ini sedang dilakukan proyek pengendalian banjir Jakarta, tepatnya di sepanjang kali Siantar, Cideng, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Ery Basworo mengatakan belum diketahui secara pasti penyebabnya dan masih meneliti. Namun, ia menduga, amblasnya jalan tersebut dikarenakan faktor alam. “Struktur tanah di jalan yang amblas itu agak berbeda dengan struktur di sekitarnya,” katanya pada Selasa, (14/12).

Ia menjelaskan ada diskontinuitas jalan yang tidak seragam. Selain itu, penurunan tanah juga menyebabkan jalan tersebut amblas. Padahal, di kali Siantar sedang dibangun proyek long storange untuk bisa menampung debit air lebih banyak.

Pengerjaannya sudah dilakukan pada September. Proyek ini ditargetkan selesai 15 Desember 2010, namun hingga saat ini proses masih terus berjalan. Alat berat yang digunakan masih terus beroperasi.