REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago meminta direksi BPJS Kesehatan untuk memperbaiki sistem pelayanan pasien. Pasalnya masih banyak keluhan pasien peserta BPJS Kesehatan yang terjadi di lapangan.
"Faktanya di lapangan masih banyak pasien peserta BPJS Kesehatan yang harus antri lama, sampai menumpuk untuk mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit," kata Irma, Rabu (1/7).
Menurutnya, layanan pengobatan seharusnya diprioritaskan pada pasien berpenyakit berat dibanding pasien berpenyakit ringan. Perbaikan ini harus dilakukan walaupun tentunya melalui proses bertahap. Setidaknya pasien BPJS bisa lebih nyaman menggunakan fasilitas yang memang sudah disediakan bagi mereka.
Kondisi memprihatinkan itu disebutnya sudah disampaikan kepada pihak BPJS dan Menteri Kesehatan. Pemerintah harus bisa membuktikan perhatiannya kepada masyarakat terutama yang berada dalam kondisi ekonomi menengah ke bawah.
Kondisi pasien BPJS seringkali mendapatkan diskriminasi. Banyak kasus yang melaporkan tindakan semena-mena dari rumah sakit terhadap pasien pengguna kartu BPJS Kesehatan. Oleh karena itu ia berharap kondisi ini bisa menjadi lebih baik secepatnya.