DPR Jajaki Kerja Sama dengan Parlemen AS

Senin , 14 Sep 2015, 15:08 WIB
Fadli Zon
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Fadli Zon

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPR RI menjajaki kerja sama dengan parlemen Amerika Serikat untuk peningkatan kapasitas staf ahli, peneliti dan perpustakaan. Hal itu diungkapkan pimpinan DPR RI setelah bertemu dengan Ketua DPR AS, John Boener di AS beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mengatakan dalam lawatan rombongan DPR RI ke AS, berhasil mengagendakan pertemuan pimpinan DPR RI dengan Ketua DPR AS yang memang sulit ditemui tersebut. Manurut Fadli, pertemuan dengan Boehner berlangsung selama 30 menit. Dari pihak DPR RI, diwakili oleh Ketua DPR RI Setya Novanto dan Wakil Ketua Fadli Zon.

“Staf DPR yang membidangi penelitian atau perpustakaan dapat magang di kongres AS,” kata Fadli Zon di kompleks parlemen Senayan, Senin (14/9).

Kerjasama ini, kata dia, menjadi bagian untuk peningkatan kapasitas staf ahli, peneliti dan perpustakaan di DPR RI. Menurut Fadli, perpustakaan parlemen AS memiliki sistem yang sudah moderen dengan koleksi buku yang sudah mencapai puluhan juta. 

Dalam pertemuan tersebut, kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini, Boehner menanyakan soal perkembangan ekonomi yang ada di Indonesia. Selain itu, Boehner juga menyampaikan program-program politiknya di AS ke depan. 

“Dia menyampaikan program politik Presiden ke depan dalam pemilu,” tegas dia.