DPR akan Hadiri Pertemuan ASEP di Mongolia

Rabu , 06 Apr 2016, 13:21 WIB
Ketua DPR Ade Komarudin
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Ketua DPR Ade Komarudin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPR akan mengirimkan delegasi untuk menghadiri konferensi organisasi parlemen regional Asia Europe Parliamentary Partnership (ASEP) di Ulan Bator Mongolia, pada 21-23 Arpil 2016 mendatang. Ketua DPR, Ade Komaruddin mengatakan hal itu dalam pidatonya pada rapat paripurna pembukaan masa persidangan IV tahun 2015-2016 di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Rabu (6/4). Masa persidangan keempat tahun 2015-2016 akan berlangsung pada 6 April hingga 29 April 2016.

Menurut Ade, pertemuan ASEP di Ulan Bator, Mongolia, bertujuan untuk menyelaraskan agenda parlemen negara-negara Asia dan Eropa. Tahun ini, agenda pemerintahan yang tergabung dalam ASEP genap berusaha 20 tahun. Pertemuan ASEP, kata dia, juga akan menghasilkan 'Declaration of the 9th Asia-Europe Parliamentary Partnership Meeting' yang diharapkan akan semakin mempererat kerja sama antara negara-negara Asia dan Eropa, di masa mendatang.

Ade Komaruddin menambahkan, delegasi DPR juga akan menghadiri Asia Parliamentary Assembly (APA) Standing Commitee of Social and Cultural Affair Meeting, di Teheran, Iran, pada 26-27 April 2016. Sidang APA kata dia, akan membahas agenda persoalan sosial dan budaya di Asia dalam perpektif parlemen.

"Output sidang ini adalah draft-draft resolusi untuk dibahas kembali pada executive council meeting of APA," katanya.