DPR: Kunjungan Raja Salman Berarti Penting Bagi Hubungan Bilateral

Jumat , 24 Feb 2017, 13:27 WIB
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kanan)
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz sangat berarti bagi hubungan bilateral antara Indonesia dengan Arab Saudi. Lebih dari itu, juga untuk memperkuat hubungan Indonesia dan Arab Saudi yang terjalin lama, mengingat kedatangan Raja Salman seperti mengulang kedatangan Raja Faisal 47 tahun silam.

"Ini seperti mengulangi rute yang sudah dilalui sekadar untuk mengingatkan hubungan kedua negara baik, memang sulit dipisahkan tidak hanya hubungan formal kenegaraan tapi juga ada hubungan emosionil keumatan," ujar Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (24/2).

Hal ini juga karena baik Indonesia maupun Arab Saudi, sama-sama negara dengan penduduknya Islam terbesar.

Menurutnya, dalam kunjungan ke DPR nanti, Raja Salman akan menyampaikan pidato yang berisi pesan, sikap, maupun pandangan Arab Saudi tentang situasi dan kondisi dunia saat ini dan juga tentang Indonesia.

"Dan tentu akan bicara khusus tentang hubungan Indonesia dan Saudi Arabia. Saya kira simbolik sekali yang beliau lakukan. Saya kira ini baik di antara dunia yang penuh blok-blok, kita butuh banyak teman untuk menghadapi krisis dunia di bidang politik hukum keamanan ekonomi," kata Fahri.

Adapun persiapan DPR dalam menyambut kedatangan Raja Salman saat ini sudah 70 persen. Sementara persiapan sisanya akan dikebut dalam sepekan sebelum kedatangan Raja Salman pada 2 Maret mendatang ke DPR.

"Saya kira sudah 70 persen. Kita masih punya hampir seminggu sampai hari Kamis beliau datang. Mudah-mudahan pekan ini sudah selesai. Selasa nanti akan ada gladi bersih," ujar Fahri usai meninjau persiapan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (24/2).

Diketahui, dalam lawatan Raja Salman ke Indonesia dari 1-9 Maret 2017, tiga hari diantaranya merupakan kunjungan kenegaraan yakni 1-3 Maret 2017. Selain mengunjungi Istana Negara, rombongan Raja Salman juga akan mendatangi Gedung DPR RI. Dalam kunjungan tersebut, DPR melakukan persiapan khusus untuk penyambutan kepada Raja Salman, mulai dari sistem pengamanan sampai fasilitas kedatangan.