Selasa 02 Jul 2013 02:06 WIB

Lakukan Ini Jika Seseorang Kena Stroke

Red: Endah Hapsari
Stroke
Stroke

REPUBLIKA.CO.ID, Pertolongan pertama Selain upaya pencegahan, hal lain yang perlu diketahui adalah pertolongan pertama pada stroke. Ini penting karena ketika seseorang terkena stroke, maka orang-orang di sekelilingnya biasanya akan panik. Padahal pertolongan pertama pada detik-detik pertama setelah terjadinya stroke, sangat menentukan 'nasib' penderita. Berikut ini beberapa tips dari ahli syaraf dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dokter H Samino SpS(K) untuk menolong seseorang yang mengalami stroke. 

* Pada prinsipnya penanganan stroke harus dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat. Sebelum tiga jam, sudah harus ada kepastian stroke-nya jenis apa. Dengan begitu, bisa segera dilakukan tindakan-tindakan medis. 

* Kalau ada seseorang terkena stroke, segera bawa dia ke rumah sakit yang mampu mengangani itu. Artinya, rumah sakit itu harus memiliki tenaga ahli dan peralatan untuk melakukan tindakan. 

* Jika stroke terjadi ketika orang berada di daerah yang jauh dari rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang memadai, maka terpaksa penanganannya dilakukan secara darurat. Caranya sebagai berikut: