Ahad 07 Jun 2015 06:40 WIB

Manfaat Rutin Mengonsumsi Kiwi Bagi Kesehatan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Winda Destiana Putri
Buah kiwi
Foto: ROL/Desy Susilawati
Buah kiwi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah kiwi mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh. Bahkan jumlah kandungan nutrisnya lebih banyak dibanding buah lainnya, termasuk jika dibandingkan dengan apel dan jeruk.

Riset yang dilakukan oleh University of Otago menemukan bahwa mengonsumsi varian buah kiwi Gold sebanyak dua buah per hari dapat mengurangi mood yang buruk, mengurangi kelelahan dan depresi, dan dapat menaikkan semangat. Sehingga sangat baik jika dikonsumsi pada saat makan pagi. Selain itu, konsumsi dua buah kiwi memiliki jumlah serat yang setara dengan semangkuk sereal.

Buah kiwi, dengan vitamin C yang tinggi, juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan. Fungsinya untuk menghindarkan mereka dari penyakit serta mempercepat penyerapan zat besi.

"Serat dan makanan dengan indeks glikemik rendah akan menjaga agar seseorang dapat bertahan kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar," jelasnya Dokter Spesialis Gizi Klinik dari FKUI, Dr dr Fiastuti Witjaksono, MSc MS SpGK dalam acara Media Talkshow Zespri 'Awali dengan Kiwi', Start Your Day with Zespri® Kiwifruit di Jakarta, belum lama ini.