Kamis 16 May 2019 08:33 WIB

Mengapa Perempuan Sering Mengeluh pada Pasangan?

Perempuan mengeluh karena ada alasan yang mendasarinya.

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ani Nursalikah
Hubungan Suami istri ( Ilustrasi )
Foto: Republika/ Musiron
Hubungan Suami istri ( Ilustrasi )

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak ada yang mengeluh tanpa alasan, apalagi perempuan. Jika mereka protes, pasti ada alasan yang mendasarinya, mulai dari perselisihan dengan suami, masalah keuangan, atau merasa tak dihargai.

Sebagian perempuan ada yang mengeluh karena sifat egoisnya, namun banyak pula yang mengeluh karena alasan logis di balik itu. Di bawah ini adalah alasan umum perempuan sering mengeluhkan pasangan, dilansir dari Marriage.com, Rabu (15/5).

Baca Juga

Tidak aman dan tidak nyaman

Ini alasan paling umum wanita mengeluh. Ketika merasa tak aman dan tak nyaman, wanita akan mengomel, misalnya bertanya pada suami dengan nada interogatif. Menghadapi wanita seperti ini, suami cukup menghabiskan waktu lebih banyak bersama istri, memberinya akses ke hal-hal pribadi, dan menunjukkan padanya tak ada yang Anda sembunyikan. Dengarkan apa yang dia katakan, maka semuanya akan baik-baik saja.

Tersakiti

Wanita tak ingin merasa disakiti. Jika itu terjadi, sebagian besar pasti mendendam, kemudian berbalik ingin membalas. Mereka menggunakan omelan sebagai senjata balasan.

Wanita tak akan berhenti sampai pria lelah dan menyerah.

Untuk menangani wanita seperti ini, lebih baik Anda bersikap jujur. Katakan langsung padanya Anda mengakui ada kata-kata Anda yang menyakitinya, kemudian meminta maaf. Luangkan waktu untuknya dan buat dia mengerti betapa berarti dia bagi Anda.

Terancam

Sebagian wanita mengeluh sebagai bentuk defensif, terutama ketika merasa terancam karena pasangan. Mereka mengomel untuk menunjukkan kepada pria bahwa mereka juga setara.

Untuk menangani wanita seperti ini, penting bagi Anda memberi tahu dia Anda akan selalu ada di sisinya. Hindari bersikap agresif.

Mendapatkan apa yang diinginkan

Beberapa wanita suka mengintimidasi. Mereka mengeluh atau mengomeli pasangan untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Ini semua bagian dari rencana dan taktik mereka.

Wanita seperti ini bisa dihadapi dengan menyetujui apa yang dia katakan ketika suasana hatinya sedang bagus. Dengan cara ini dia akan lebih ramah pada pasangan di tengah situasi tersulit sekali pun.

Ketakutan

Sebagian wanita menjalani hidupnya penuh ketakutan. Mereka terus menerus khawatir, paranoid, dan cenderung percaya sesuatu buruk akan terjadi.

Mereka akan terus menelepon pasangan untuk mengetahui apakah semua baik-baik saja. Ketika hal-hal tak berjalan sesuai rencana, wanita tipe ini akan mengomel untuk menguatkan diri.

Anda dapat menciumnya ketika dia ketakutan. Anda pastikan tetap berada di sampingnya menjaganya, memastikan sekitarnya tetap santai. Anda bahkan bisa berdoa bersamanya.

Harapan tak tercapai

Kebanyakan wanita mengeluh ketika harapan mereka tak tercapai. Wanita selalu percaya pasangannya akan mewujudkan harapannya. Mereka akan mengeluh ketika pasangan tak memenuhi harapan mereka dan menganggap itu sebagai kegagalan.

Tak jarang juga wanita yang egois akan mengejek pasangan yang gagal memenuhi kebutuhannya.

Wanita seperti ini perlu waktu menenangkan diri. Dia perlu dilibatkan dalam perencanaan keluarga dan mewujudkan impian bersama suaminya.

Tidak sabar

Beberapa wanita mengeluh karena sifatnya yang tidak sabar. Mereka suka menekan pasangan karena gelisah. Cara terbaik menghadapinya adalah mengajak pasangan lebih banyak berdoa, mengajarkan sabar, dan meyakinkan Anda mencintainya dan akan terus berusaha memperbaiki kegagalan tersebut.

Cari perhatian

Ini alasan umum lainnya wanita sering mengeluh. Mereka ingin mencari perhatian pasangan. Untuk mengatasi hal ini, pria perlu membuat si wanita merasa istimewa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement