Senin 04 Nov 2019 12:00 WIB

Rehabilitasi Pasca Strok Makin Cepat dengan Terapi Robotik

Terapi robotik dapat melatih pasien strok dengan gerakan yang konsisten.

Rep: Gumanti Alawiyah/ Red: Reiny Dwinanda
Robotik Lokomat berfungsi melatih pasien stroke untuk berjalan dan menjaga keseimbangan.
Foto: Republika/Gumanti Awaliyah
Robotik Lokomat berfungsi melatih pasien stroke untuk berjalan dan menjaga keseimbangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi robotika kini telah dimanfaatkan secara luas untuk membantu berbagai lini kehidupan, salah satunya terapi pasca strok. Terapi robotik dinilai mampu mendukung proses rehabilitasi pasca strok menjadi lebih efektif dan menyenangkan serta fokus pada keamanan pasien.

Dokter spesialis saraf di Klinik Wijaya dr Sukono Djojoatmodjo mengungkapkan, terapi robotik dapat melatih pasien dengan gerakan yang konsisten sehingga bisa mempercepat kesembuhan pasien. Rehabilitasi robotik juga mampu melakukan repetisi gerakan dengan baik sehingga melatih pasien bergerak secara efektif.

Baca Juga

Selain itu, terapi robotik akan memberikan hasil yang terukur. Dengan begitum fisioterapis lebih mudah mengevaluasi perkembangan pasien.

"Orang yang sudah selesai dengan serangan strok, untuk program rehabilitasinya kini ada yang lebih canggih daripada terapi manual, yaitu dengan robotik. Diharapkan dengan robotik perkembangan kesembuhan pasien lebih cepat, lebih efektif, dan terukur," kata Sukono usai seminar memeringati World Stroke Day di Klinik Wijaya, Jakarta Selatan, Ahad (3/11).