Rabu 11 May 2016 22:31 WIB

Asam Padeh dan Bir Pletok Tutup Pameran 30 Ikon Kuliner Nusantara

Chef Steby Rafael saat demo masak di pameran 30 Ikon Kuliner Nusantara di Bandung, Jawa Barat
Foto: IST
Chef Steby Rafael saat demo masak di pameran 30 Ikon Kuliner Nusantara di Bandung, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Demo masak kuliner Asam Padeh Tongkol Padang oleh chef Steby Rafael menutup gelaran pameran 30 Ikon Kuliner Nusantara di Bandung, Jawa Barat, Rabu (11/5) malam.

Selain menu tersebut, salah satu chef muda tersebut juga memasak secara langsung dua menu lainnya, Nasi Goreng Kampung juga Bir Pletok Betawi. Ketiga menu merupakan bagian dari 30 Ikon Kuliner Nusantara.

Acara yang sedianya dilakukan pada siang hari diundur ke malam hari pada pukul 19.00 WIB karena guyuran hujan. Meski begitu, antusiasme masyarakat tetap tinggi.

"Saya sangat tertarik dan juga berterima kasih sekali bisa hadir di acara ini. Acara seperti ini menjadi awal bagi (kuliner,red) kita untuk bisa go internasional," ujar chef Steby Rafael.

Ia mengatakan, kuliner Indonesia sangat beragam. 30 ikon kuliner yang ada hanyalah sebagian kecil dari ragam kuliner yang menjadi bagian budaya Indonesia. Ia pun tidak menampik jika kuliner khas dapat menunjang pariwisata Indonesia.

"Acara seperti ini juga menjadi saluran saya untuk bereksplorasi terhadap masakan Indonesia," kata dia.

Hanya ia menilai pameran masih lebih fokus pada memperkenalkan makanan. Padahal seharusnya para peserta juga dapat menghadirkan cerita atau latar budaya dari masing-masing masakan.

"Karena sejarah sama makanan itu sangat melekat dan jika disampaikan akan memberi pemahaman bahkan cita rasa pada pengunjung," kata Steby.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement