REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebuah penelitian membuktikan bahwa informasi tertulis dan tidak tertulis tentang produk makanan menimbulkan ekspektasi tertentu pada orang yang akan mengonsumsi makanan tersebut. Ini nantinya akan memengaruhi persepsi cita rasa.
Misalnya, tentang label makanan “organik”. Kebanyakan masyarakat akan mempunyai ekspektasi tinggi untuk makanan tersebut seperti, lebih lezat, rendah lemak, dan mengandung lebih banyak serat.
Lalu bagaimana dengan makanan yang berlabel MSG? Subjek dalam studi ilmiah tersebut dihadapkan pada dua wadah MSG. Satu wadah berlabel "MSG" dan wadah lain berlabel "Umami". Dan makanan di dalam wadah berlabel "Umami" ternyata dilaporkan memiliki rasa yang lebih lezat.
Sama halnya dengan subjek yang diberi makanan berlabel "rendah garam", lalu diberi makanan yang sama persis namun diberi label "ditambahkan garam". Mereka menyatakan bahwa makanan dengan label “rendah garam” memiliki cita rasa asin lebih rendah. Padahal makanan tersebut mempunyai kadar yang sama.