Senin 28 Mar 2016 06:42 WIB

Anak Berbohong? Lakukan 4 Hal Ini

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Indira Rezkisari
Melewati usia tertentu bukan tidak mungkin anak berbohong.
Foto:
Ketika anak berbohong orang tua harus mencari tahu apa penyebabnya.

Tentukan konsekuensi

Coba untuk mencari tahu apa yang menyebabkan anak berbohong. Apakah itu tindakan yang sengaja ia lakukan? Apakah itu karena ia takut Anda akan marah? Apakah dia ingin melindungi perasaan seseorang? Terkadang anak bisa pula melakukan white lie dan hal itu terinspirasi dari orang tua mereka.

Penelitian menunjukkan, disiplin keras bisa membuat anak menjadi pembohong. Sehingga, penting untuk menghindari konsekuensi berbohong yang berlebihan. Hukuman seperti memberi pekerjaan yang lebih berat untuk anak justru bisa meningkatkan keinginannya berbohong di lain waktu. Coba berikan hukuman yang lebih efektif seperti mencabut hak-haknya selama 24 jam.

Hargai kejujuran

Salah satu cara paling baik untuk memastikan anak akan sering jujur di masa depan adalah dengan memberikannya pujian ketika anak melontarkan kejujuran. Katakan, Anda sangat bahagia dan Anda percaya dengan kejujuran itu.

Pada akhirnya, hal ini akan menjadi upaya untuk meningkatkan kepercayaan antara orang tua dan anak. Perlu diingat hal ini berlaku dua arah, jadi Anda pun tidak bebas untuk bisa berbohong kepada anak. Dengan kejujuran dari kedua belah pihak, hubungan tanpa kebohongan akan tumbuh, dikutip dari laman About.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement