Jumat 16 Jan 2015 04:37 WIB

Punya Pendapatan Tambahan? Begini Cara Mengelolanya (2)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Mansyur Faqih
Hal pertama yang harus Anda lakukan begitu mendapatkan penghasilan ekstra, adalah langsung mengamankan dana itu di rekening khusus.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Hal pertama yang harus Anda lakukan begitu mendapatkan penghasilan ekstra, adalah langsung mengamankan dana itu di rekening khusus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketiban rezeki di luar pendapatan rutin? Duh, siapa, sih, yang tak senang? Anda pun tentu sumringah saat isi rekening bertambah gendut. 

Tak peduli status Anda adalah pekerja atau karyawan ataupun wiraswasta. Menerima tambahan rezeki di luar ekspektasi tentu saja menyenangkan hati. 

Intinya, penghasilan di luar gaji rutin yang bersifat resmi dan rutin. Lantas, apa saja yang perlu kita lakukan ketika mendapatkan pendapatan tambahan di luar gaji rutin itu? 

Perencana keuangan OneShildt Financial Planning, Pandji Harsanto CFP memberikan sejumlah tips jitunya yang disampaikan kepada ROL, Kamis (15/1).

Amankan dana di rekening khusus

Ketika mendapatkan bonus atau pendapatan ekstra, hal pertama yang harus Anda lakukan begitu mendapatkan penghasilan ekstra, adalah langsung mengamankan dana itu di rekening khusus. Ini tip untuk Anda yang punya bakat bocor dompet alias konsumtif, sedangkan rencana penggunaan dana juga masih belum jelas.

Umumnya, pendapatan ekstra masuk ke rekening operasional. Bahkan mungkin diberikan dalam bentuk tunai. Pisahkan dananya dari dana di rekening operasional.

Rekening khusus ini adalah rekening yang tidak akan Anda recoki untuk pengeluaran operasional harian. "Jadi, rekening ini lebih baik tidak dilengkapi dengan kartu debit atau fasilitas penarikan dana cepat melalui mesin kasir otomatis alias ATM," ujarnya.

Langkah pertama ini bisa diabaikan jika sedari mula Anda sudah memiliki perencanaan untuk memanfaatkan dana ekstra itu. Jadi, begitu dana masuk, Anda bisa langsung mengopernya untuk tujuan yang spesifik.

Tengok kondisi keuangan

Tips kedua adalah tengok kondisi keuangan Anda. Apakah Anda punya tanggungan utang jangka pendek? Jangan-jangan arus kas Anda masih negatif karena kebanyakan utang. Coba, hitung rasio-rasio kesehatan utang Anda. 

Financial check-up adalah hal yang perlu dirutinkan, termasuk saat menerima pendapatan tambahan berupa bonus. Dengan langkah itu, Anda bisa menimbang apa saja yang bisa dilakukan pada uang kaget tersebut. 

"Utamakan menilik yang jangka pendek, baik dari sisi tanggungan maupun rencana keuangan," tambahnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement