Jumat 06 Nov 2015 06:00 WIB

Ini Tips Jalan-Jalan Sendiri Ala Whulandary Herman

Rep: C30/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Puteri Indonesia 2013, Whulandary Herman
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Puteri Indonesia 2013, Whulandary Herman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap wanita tentu saja membutuhkan traveling juga. Baik di luar negeri maupun di dalam negeri. Terkadang ini menjadi suatu moment bagi mereka untuk menyendiri.

Tidak ada salahnya para orang tua memberikan izin anak gadisnya untuk traveling seorang diri. Mungkin saja, anak Anda sedang membutuhkan jiwa dan pikiran yang kembali segar.

Tentu saja dengan syarat, asalkan anak gadis Anda "mau" memperhatikan beberapa hal yang perlu dilakukannya sebelum memulai perjalanan.

Pertama, mental sudah harus siap. Sedetail apapun persiapan jika mental dari pribadi masih kaku dan masih berpikir "Aduh aku berani ga ya?" dijamin segala persiapan akan menjadi sia-sia.

"So, jangan takut sendirian ya," ujar Whulandary Herman saat ditemui dalam acara Taiwan Excellence, di hotel Century Park, Sudirman, Jakarta, Kamis (5/11).

Kedua, mencari tempat terlebih dahulu. Sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan, Anda harus memilih area terlebih dahulu. Tentunya area yang aman untuk wanita pergi traveling seorang diri.

Ketiga, pelajari budayanya. Setelah mengetahui tempat yang dituju jangan lupa untuk baca tentang budaya masyarakat setempat. Misalnya bahasa lokal yang digunakan  sudah banyak yang bisa menggunakan bahasa Inggris atau tidak.

Untuk antisipasi, Wulan menyarankan  memanfaatkan aplikasi-aplikasi kamus atau translit percakapan. Gunanya untuk memudahkan berinteraksi dengan masyarakat lokal.

Keempat, jangan lupa menyiapkan mata uang yang digunakan tempat tujuan. Sebaiknya menukarkan terlebih dahulu mata uang rupiah dengan mata uang negara tujuan. Ini sangat membantu dan memudahkan.

Berdasarkan pengalaman Wulan, saat berkunjung ke Laos kartu kreditnya sama sekali tidak bisa digunakan. Daripada ribet harus mencari ATM, Wulan menyarankan untuk menukarkan terlebih dahulu.

Kelima, persiapkan kelengkapan dokumen. Kelengkapan ini seperti tiket pesawat, KTP, Passport, dan dokumen lain yang mendukung.

Keenam, membawa barang sesuai kebutuhan. Saat mengetahui negara tujuan tentu tidak lupa untuk mengetahu musim yang sedang terjadi di sana. Bisa musim dingin, musim panas, atau musim lainnya. Hal ini penting diketahui supaya tidak membawa barang hanya menjadikemubadziran saja.

Ketujuh, jangan lupa membawa gadget. Traveling dan dokumentasi tentu tidak bisa dipisahkan. Keduanya saling mendukung untuk mengabadikan dan berbagai moment. Beberapa gadget  penting ini seperti smartphone, laptop, powerbank, wifi, dan hardisk.

"Jika memang membutuhkan kamera silahkan. Tapi kalau saya kamera smartphone juga sudah cukup," tutur Wulan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement