Selasa 04 Jul 2017 08:35 WIB

Orang Sukses Lakukan Hal Ini di Hari Jumat

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Ani Nursalikah
Pekerja yang bahagia
Foto: flickr
Pekerja yang bahagia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa pun pekerjaan Anda, Jumat bisa menjadi hari penuh rintangan atau justru hari untuk bersiap menyambut akhir pekan. Email, rapat, laporan, panggilan telepon bisa meningkatkan stres pekerja saat Jumat.

ROLers, waktunya mengetahui bagaimana orang-orang sukses memandang Jumat. Anda pun bisa positif menatap akhir pekan, dilansir dari Womanitely, Selasa (4/7).

1. Prioritaskan pekerjaan Senin

Meski Anda masih mempunyai dua hari setelah Jumat, yaitu Sabtu dan Ahad, Anda perlu mempersiapkan pekerjaan Senin saat Jumat. Ini membantu Anda bersantai di akhir pekan.

Buat catatan umum tentang peristiwa, tugas, tenggat waktu proyek, dan hal-hal lain yang mungkin akan dibahas Senin. Diskusikan rencana-rencana Senin dengan kolega Anda untuk memastikan semua orang berada pada pemikiran sama.

2. Berjalan-jalan

Jika Anda sedang istirahat siang Jumat, beranjak dari meja kerja dan pergilah berjalan-jalan. Tidak harus di luar, cukup di lingkungan kantor. Lakukan peregangan, jalan berliku-liku di kantor, dan lepaskan pikiran. Jika Anda bisa keluar ruangan, pergilah ke tempat di mana ada banyak tanaman hijau sebab ini bisa meningkatkan suasana hati, membuat Anda merasa lebih baik lagi. Anda juga bisa mengajak teman melakukan hal sama.

3. Kunjungi rekan kerja

Rekan kerja adalah hal paling berharga di kantor. Mereka menangani hal sama dengan Anda. Mampirlah ke meja rekan-rekan Anda di kantor, sekadar mengobrol santai, dan belajar banyak dari mereka.

Karyawan sukses adalah karyawan yang memetik pelajaran dari prestasi rekan-rekan kerjanya. Tindakan sederhana, seperti menciptakan rasa dekat dengan sebuah komunitas akan meningkatkan semangat menyelesaikan pekerjaan pekan ini.

4. Buat rutinitas

Banyak CEO sukses berhasil karena rutinitasnya. Perusahaan sangat penting untuk kesuksesan seseorang. Ambil 15-30 menit setiap Jumat untuk membersihkan kotak masuk di email Anda, bersihkan meja kerja, atur file Anda, ikuti berita terbaru, dan kurangi semua beban psikologis yang bisa membuat Anda kecewa Senin nanti. Lakukan hal sama setiap Jumat.

5. Abaikan telepon

Karyawan atau atasan biasanya terpaku pada telepon sepanjang pekan dan hal itu biasanya meningkat signifikan pada Jumat. Telepon yang mendadak, tidak direncanakan, atau tidak dijanjikan sebaiknya diabaikan sementara.

6. Merenung

Orang sukses melihat kembali kemajuan mereka. Jumat adalah penutup pekan yang panjang, jadi refleksi dari apa yang sudah Anda mulai sejak Senin merupakan bagian integratif mengawali pekan yang baru. Anda bisa mengevaluasi mana pekerjaan yang sudah efektif dan belum efektif, mengatur target baru, mengubah rencana, mencari segala cara untuk membuat pekan depan lebih baik dari pekan ini.

7. Rencanakan akhir pekan

Pikirkan rencana menyenangkan yang akan Anda lakukan diakhir pekan. Ini akan mendorong semangat baru.

8. Beritahu rencana akhir pekan

Keseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan itu penting. Orang sukses menyadari hal tersebut, sehingga sangat antusias menyiapkan akhir pekannya. Mereka biasanya membiarkan rekan kerja tahu apa agenda akhir pekan mereka. Mereka juga membiarkan rekan kerja tahu mereka akan mengabaikan panggilan telepon, email selama akhir pekan. Dengan begitu, orang sukses bisa fokus pada kehidupan pribadinya di akhir pekan ketimbang bekerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement