Ahad 05 Aug 2018 17:05 WIB

Selesai Dibangun, Garuda Wisnu Kencana Siap Pikat Turis

Butuh 28 tahun untuk merampungkan pembangunan patung Garuda Wisnu Kencana.

Red: Reiny Dwinanda
Seniman patung Nyoman Nuarta menjelaskan tahapan pemasangan bagian-bagian patung Garuda Wisnu Kencana di Bukit Jimbaran, Bali, Rabu (25/10).
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Seniman patung Nyoman Nuarta menjelaskan tahapan pemasangan bagian-bagian patung Garuda Wisnu Kencana di Bukit Jimbaran, Bali, Rabu (25/10).

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berharap Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang baru saja rampung dibangun dapat dikunjungi tidak kurang dari dua juta wisatawan per tahunnya. Sebelum selesai dibangun, GWK sudah dikunjungi kurang lebih 3.000 orang per hari atau lebih dari 1 juta pengunjung per tahunnya.

"Dengan selesainya pembangunan patung ini, target jumlah pengunjung diharapkan minimal mencapai dua kali lipat dari jumlah pengunjung sebelum patung ini rampung," kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I Gde Pitana di Bali, Ahad.

Berdasarkan data yang diperoleh dari PT Garuda Adhimatra Indonesia sebagai pengelola GWK, dari total pengunjung GWK 10,7 persen merupakan wisman. Pihaknya mencatat kunjungan wisman di Bali pada 2017 meningkat 16 persen menjadi 5.697.739 dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 4.927.937.

Dengan mempertimbangkan besarnya pertumbuhan kunjungan wisman tersebut dan adanya GWK yang mampu menarik wisman sekitar 1-2 juta tiap tahunnya, diperkirakan pertumbuhan kunjungan wisman pada tahun ini mencapai dua kali lipat atau mencapai 7,5 juta.