Jumat 19 Apr 2019 10:06 WIB

7 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Destinasi wisata manapun yang dikunjungi cobalah jaga kelestarian dan kebersihannya.

Rep: cermati/ Red:
7 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi
7 Tempat Wisata di Makassar yang Wajib Dikunjungi

Dulunya bernama Ujung Pandang, tapi semenjak 1999 salah satu kota besar di bagian timur Indonesia diubah namanya menjadi Makassar. Sebagai ibu kota provinsi Sulawesi Selatan, kota ini memiliki banyak sekali daya tarik. Salah satunya tempat wisata yang menjadi paling utama dan tak boleh dilewatkan.

Berikut terdapat tujuh tempat wisata di Makassar yang sekiranya wajib dikunjungi bila Anda sedang berada di Makassar.

 

1. Kulineran Khas, Coto Makassar

coto makassar

Kulineran Khas Coto Makassar

Hari pertama saat Anda menginjakkan kaki di Makassar jangan lewatkan untuk sarapan dengan kuliner khasnya yakni Coto Makassar. Makanan satu ini terbilang cukup digemari oleh warga Makassar sebagai hidangan yang disantap pada pagi hari.  

Coto Makassar sendiri terdiri dari olahan kuah daging sapi yang disantap dengan nasi, terkadang beberapa warga juga menyantapnya dengan ditemani ketupat sebagai pengganti nasi. Hidangan Coto Makassar kian nikmat saat Anda menambahkan perasan jeruk nipis.

2. Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam

Destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi selama berlibur di Makassar adalah Benteng Rotterdam. Benteng yang didirikan pada abad ke-15 ini adalah saksi bisu perjuangan masyarakat Makassar dalam mengusir penjajahan Belanda pada masa kesultanan Sultan Hasanudin.

Benteng ini sendiri dibuat sebagai bukti adanya perjanjian damai antara kedua belah pihak yang bertikai pada masanya. Pertama kali didirikan banteng ini bernama Benteng Ujung Pandang kemudian diganti menjadi Fort Rotterdam pada saat diduduki oleh kolonialisasi Belanda. Hingga saat ini banteng ini masih berdiri kokoh dan menjadi salah satu spot wisata yang paling terkenal di Makassar.

3. Pantai Losari

pantai losari

Pantai losari

Mengunjungi kota yang berada di pinggiran pulau tak lengkap rasanya tak berkunjung ke pantai. Nah, di Makassar Anda wajib kunjungi Pantai Losari. Pantai ini adalah ikon dari Makassar lantaran di sana bisa menikmati keindahan sunset sembari berkumpul dengan rekan-rekan dan masyarakat sekitar.

Sembari berkumpul, Anda pun bisa menikmati lezatnya pisang epek yang dapat dibeli di sekitaran kawasan Pantai Losari. Sebagai obyek wisata yang paling diminati wisatawan tak heran obyek wisata ini selalu dijaga kebersihannya.

Baca Juga: 8 Tempat Wisata Banyuwangi Paling Hits dan Instagramable

4. Masjid Amirul Mukminin

masjif

Masjid Amirul Mukminin

Obyek wisata selanjutnya yang dapat dikunjungi di Makassar adalah Masjid Amirul Mukminin yang terkenal dengan letaknya yang berada di pinggir pantai Losari. Hal tersebut membuat seolah-olah masjid ini mengapung, tak jarang banyak wisatawan yang mengunjungi obyek wisata ini untuk berfoto-foto lantaran spotnya yang instagramable.  

Saat hari sudah mulai gelap, Anda pun bisa menikmati lampu yang berwarna warni disekitar masjid. Hal tersebut semakin indah saat air dibawah masjid memantulkan cahaya yang membuatnya semakin cantik. Masjid yang disebut-sebut mampu menampung hingga 500 orang ini sering dipergunakan untuk sholat berjamaah, tak heran pula jika masuk di bulan ramadhan masjid ini akan menjadi penuh sesak oleh pengunjung yang hendak buka puasa bersama.  

5. Puncak Kebun Teh Malino

kebun teh malino

Puncak kebun teh malino

Selain terkenal dengan pantai dan kulinernya, nyatanya Makassar juga memiliki obyek wisata pegunungan yakni Puncak Kebun Teh Malino. Disini Anda bisa menikmati teh di pegunungan tinggi dengan latar belakang awan. Terletak di dataran tinggi membuat hawa di obyek wisata ini sangat sejuk. Bukan hanya sekedar perkebunan teh saja, terdapat kafe dan kebun binatang mini yang bisa dikunjungi.

Menyajikan pemandangan dataran tinggi membuat obyek wisata ini tak pernah sepi pengunjung utamanya pada akhir pekan. Berdasarkan beberapa literatur puncak kebun teh malino ini dulunya adalah tempat istirahat pada serdadu Belanda.

Baca Juga: Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Dengan di Mancanegara

6. Pulau Samalona

pulau samalona

Pulau samalona

Jika berkunjung ke Makassar, sempatkanlah mampir ke Pulau Samalona yang merupakan salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Makassar. Untuk bisa mencapai pulau ini, Anda bisa menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Di pulau ini Anda bisa melakukan aktivitas bawah air seperti senorkeling, hingga diving. Jernihnya air yang ada diperairan Pulau Samalona membuat Anda dengan mudah melihat kehidupan bawah air yang mempesona.

7. Trans Studio Makassar

trans studio

Trans studi

Makassar nyatanya juga memiliki theme park indoor pertama di Indonesia yang cukup terkenal, yaitu Trans Studio Makassar yang merupakan taman hiburan dalam ruangan yang terletak di mall terbesar di Makassar. Obyek wisata ini disebut-sebut sebagai indoor theme park terbesar ketiga di dunia.

Jaga Kelestarian Tempat Wisata Ketika Berlibur

Destinasi wisata manapun yang Anda kunjungi cobalah untuk menjaga kelestarian dan kebersihan di tempat tersebut. Kelesatarian tempat wisata sangat penting agar di masa depan masih tetap bisa dinikmati oleh banyak orang.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Di Gorontalo Yang Sayang Dilewatkan

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement