Sabtu 06 Jul 2019 04:30 WIB

Gibran Rakabuming Kembangkan Minuman Lokal Lewat Goola

Gibran membuka gerai Goola karena kebanggaan atas cita rasa khas nusantara

Red: Christiyaningsih
AnAnak Presiden Joko Widodo - Gibran Rakabuming
Foto: Republika/Iman Firmansyah
AnAnak Presiden Joko Widodo - Gibran Rakabuming

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, baru saja membuka gerai minuman baru bernama Goola. Kebanggaan atas cita rasa khas nusantara dan keinginan untuk memajukan produk lokal ke ranah internasional memotivasinya untuk membuka Goola.

"Dengan hadirnya Goola, kami ingin menumbuhkan rasa cinta dan mengedukasi masyarakat terhadap produk asli Indonesia melalui modernisasi minuman tradisional," ujar Gibran dalam peresmian outlet terbaru Goola di Pacific Place Jakarta, Jumat (5/7).

Baca Juga

Melalui Goola, Gibran mengajak masyarakat untuk memiliki local pride (kebanggaan lokal). Goola mentransformasi minuman tradisional seperti es doger, es cincau, dan ketan hitam dengan penyajian yang kekinian. Penamaan minuman pun tak kalah unik seperti Es Doger Jeger dan Es Merdeka 45.

Sebagai bentuk deklarasi kebangkitan minuman nasional, Goola menghadirkan 22 ragam kreasi minuman khas Nusantara. Bahan-bahan yang digunakan asli 100 persen Indonesia yang dikemas secara kekinian.

"Ragam menu minuman berasal dari Sabang hingga Merauke dan topping seperti authentic coconut foam yang siap bersaing dengan tren minuman dari luar yang sedang merajalela," jelas Gibran selaku inisiator Goola.

Di tengah maraknya tren minuman brown sugar dan bubble tea, Goola turut menghadirkan versi khas lokal yaitu Es Goola Aren. Es Goola Aren menggunakan bubble ala Indonesia yaitu sagu mutiara (Bubble 45) serta susu kelapa dan gula aren.

"Minuman tradisional seperti Es Doger Jeger, Es Ketan Hitam, Es Cincau menjadi menu andalan dari Goola," ucap ayah dari Jan Ethes ini.

Selain itu, Goola juga menyediakan seri lain dari minumannya yaitu Coffee Series, Tea Series, dan Refreshing Series. Minuman pada seri itu juga tidak melupakan sentuhan khas nusantara seperti misalnya Es Jerit (Jeruk Nipis Mutiara) yang menjadi salah satu menu pelepas dahaga.

"Goola ingin mengembangkan tren konsumsi minuman manis ke cita rasa lokal. Kalau tren minuman dari luar bisa populer di berbagai negara, inilah saatnya minuman khas Indonesia juga dicintai dan dikenal secara global," katanya.

Dalam beberapa tahun ke depan, Gibran mengatakan akan melakukan ekspansi ke beberapa negara di Asia Tenggara. Goola pertama kali didirikan di Cikini, Jakarta pada 17 Agustus 2018 lalu. Karena bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia, Goola pun mengusung tema kemerdekaan minuman lokal.

Gibran bekerja sama dengan dua pengusaha muda yaitu Kevin Susanto dan Benz Budiman untuk membangun Goola. Dua outlet terbaru Goola berada di lokasi strategis yaitu Pacific Place dan Plaza Indonesia.

Lokasi ini dipilih guna memudahkan para penikmat minuman manis untuk mengkonsumsi minuman asli Indonesia dan menggeser tren minuman ke cita rasa lokal. Selain di Pacific Place dan Plaza Indonesia, gerai Goola juga terdapat di Tokopedia Tower dan Mall Kelapa Gading.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement