Jumat 01 Jan 2016 12:28 WIB

Petugas Bersihkan Puluhan Ton Sampah Tahun Baru di Palembang

Red: Ani Nursalikah
Sampah plastik, ilustrasi
Sampah plastik, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Ribuan orang petugas Dinas Kebersihan Kota Palembang dikerahkan membersihkan puluhan ton sisa sampah malam tahun baru di sejumlah titik kawasan pusat kota setempat.

Pantauan, Jumat (1/1), beberapa titik seperti Simpang Polda, Bundaran Air Mancur Masjid Agung, Bundaran Jakabaring dan Pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), para petugas sibuk menyapu dan mengangkut sampah yang berserakan di jalan.

"Petugas sudah mulai sejak dini hari membersihkan puluhan ton sampah," kata Yudi, petugas Pelataran BKB.

Diakuinya, membersihkan sampah sisa tahun baru bukan perkara yang mudah karena jumlahnya yang sangat banyak dan berserakan hingga ke sudut jalan. Namun, dengan petugas yang ada pekerjaan ini biasanya selesai sekitar pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB.

"Sampah kegiatan malam tahun baru sekarang ini cukup banyak, tapi masih lebih banyak tahun-tahun sebelumnya,"ungkap Yudi.

Menurutnya, sampah yang berserakan usai perayaan malam tahun baru lebih banyak disebabkan kurangnya kesadaran warga untuk membuang sampah pada tempatnya.

"Kotak sampah kita letakkan di banyak tempat, mungkin karena terlalu padat mereka enggan membuang sampah di tempatnya.

Petugas mulai berjaga di pusat keramaian, Kamis malam sejak pukul 23.00 WIB. "Namun karena terlalu padat warga, petugas kami tidak bisa bekerja optimal pada jam ramai tersebut," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement