Kamis 31 Oct 2019 21:04 WIB

Profesiku Bertaruh Nyawa

Bijak tanggapi rusaknya fasilitas publik karena ada mereka bertaruh nyawa memperbaiki

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Petugas PLN memperbaiki gardu listrik saat pemadaman listrik serentak se-Pangandaran di Cikidang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Ahad (21/7/2019).
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Petugas PLN memperbaiki gardu listrik saat pemadaman listrik serentak se-Pangandaran di Cikidang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Ahad (21/7/2019).

Pagi ini Perum Pesona Mutiara Kasturi Kuningan kegiliran  pemadaman listrik, tepat di depan Waroeng Ilmu Kafe, tempat saya bekerja berdiri tiga tiang listrik berukuran besar. Rupanya ada perbaikan dan penggantian kabel induk. Pak Khalil (45 tahun) dengan cekatan menaiki tiang listrik lengkap dengan peralatan keamanan yang sesuai dengan standar keselamatan, bersama tim kerjanya terdiri dari delapan orang berbagi tugas, seorang pengawas memberi intruksi dari bawah.

Pak khalil memberi aba-aba menanyakan jaringan telah di matikan semua atau tidak, pengawas pun menjawab dengan anggukan, namun tidak begitu saja percaya, pak Khalil meminta satu tim yang lain untuk kembali memeriksa ulang ke gardu induk agar lebih yakin bahwa aliran yang dalam perbaikan telah dalam posisi off (mati). Setelah mendapat laporan oke, dengan sigap pak Khalil dan tim bergerak memperbaiki beberapa jaringan di setiap tiang listrik yang ada dilokasi tersebut.

Selama 20 tahun dia bekerja diperusahaan rekanan PLN tugasnya memperbaiki jaringan listrik bertegangan ribuan voltase, nyawa adalah taruhan terbesarnya, menurutnya selama bekerja 20 tahun telah banyak pengalaman dan kejadian yang mengharukan serta tragis dialami oleh timnya, namun begitu dia bersyukur tak satupun dari timnya mengalami kecelakaan hingga tewas, namun ada 2 kru nya yang sempat menjadi korban kecelakaan kerja, dia bercerita tentang 2 krunya yang terpaksa harus kehilangan tangannya karena terbakar saat melakukan tugas perbaikan jaringan listrik.

Itu sebabnya dia selalu mengingatkan kru nya untuk memeriksa ulang sebelum memulai perbaikan, agar tidak lagi terjadi kecelakaan kerja, bukan saja pemeriksaan gardu jaringan tetapi juga perlatan keselematan kerja, agar menggunakan peralatan yang telah disiapkan PLN karena telah disesuaikan dengan standarisasi keselamatan kerja.