Jumat 19 Jul 2013 14:38 WIB

Melatih Anak Lebih Pede dan Kuat

Komunikasi hangat dapat membantu anak menjadi lebih percaya diri dan kuat
Foto: sheknows.com
Komunikasi hangat dapat membantu anak menjadi lebih percaya diri dan kuat

REPUBLIKA.CO.ID, Semua orang tua tentu menginginkan agar anaknya tumbuh menjadi pribadi yang percaya diri dan kuat -- tak mudah terpengaruh hal -hal yang negatif. Menurut dosen psikologi Universitas Negeri Jakarta, Dra Evita S MPsi, salah satu cara yang efektif untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kepribadian yang kuat adalah dengan membangun komunikasi yang harmonis dengan anak.

Melalui komunikasi, orang tua bisa menyampaikan nilai-nilai yang baik kepada anaknya. Bagaimana orang tua menanamkan nilai-nilai baik-buruk? Orang tua perlu memahami bahwa remaja bertingkah laku atas apa yang dipelajarinya dari lingkungan. Remaja yang tumbuh dengan orang tua yang tidak dapat memberi contoh yang jelas, cenderung akan menjadi orang dewasa yang tidak matang, kelak di kemudian hari.

Agar anak perempuan kelak menjadi pribadi yang percaya diri, orang tua melalui jalur komunikasi perlu membantu mengembangkan potensi yang ada di dalam diri remaja. Itu bisa dilakukan, dengan memberi kesempatan bagi mereka untuk memutuskan sendiri penyelesaian masalah yang dihadapinya.

Tentu saja, berdasarkan alternatif yang diberikan oleh orang tua. ''Jika mereka berhasil memutuskan permasalahan tersebut dengan baik, maka orang tua perlu memberikan penghargaan,'' papar Evita. Penghargaan yang diberikan, tak harus berupa materi. Namun, bila keputusan yang diambil ternyata salah, orang tua tak perlu marah.

Hal itu, bisa dijelaskan orang tua dengan cara diskusi dan komunikasi yang hangat. Ini, akan membuat anak tak merasa takut, karena sudah berbuat salah. Pola pembinaan anak seperti itu, akan sangat berperan dalam mengembangkan kemampuan anak perempuan menjadi pribadi yang berguna, tak hanya bagi dirinya sendiri tetapi juga untuk lingkungannya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement