Senin 24 Sep 2012 12:38 WIB

Ada Apa dengan World Tobacco Asia 2012?

Red: Miftahul Falah
Aksi unjuk rasa menolak World Tobacco Asia.
Foto: Fathimah Sulistyowati
Aksi unjuk rasa menolak World Tobacco Asia.

 

Rabu, 19 September 2012 lalu, ratusan mahasiswa dari UI, UIN, UMJ, Uhamka, Ukrida, dan lain-lain menggelar unjuk rasa menolak World Tobacco Asia yang dihelat di Balai Sidang Jakarta Convention Center pada tanggal 19-21 September 2012. Dalam aksi tersebut, mahasiswa berhasil menembus pengawalan pengamanan serta memasuki gedung, meskipun sempat terjadi kericuhan dan jatuhnya korban luka-luka. 

Sebetulnya, apa itu  World Tobacco Asia? Media serasa dibungkam karena tidak banyak yang memberitakan kegiatan berskala internasional tersebut. World Tobacco Asia adalah eksibisi rokok dan prasarana otomatisasi industrinya yang diikuti pelaku-pelaku industri rokok dari seluruh dunia. Dalam perhelatan tersebut, pelaku-pelaku industri rokok dari berbagai belahan dunia memamerkan produk mereka masing-masing, mengundang investor untuk menanamkan investasinya. 

Ada berbagai alasan kuat bagi Indonesia untuk menolak World Tobacco Asia. Pertama, diselenggarakannya World Tobacco Asia merupakan pelecehan terhadap hak kesehatan rakyat Indonesia; Hak untuk hidup bebas tanpa asap rokok.