Selasa 10 Jan 2017 15:00 WIB

Bermain-main dengan Teknologi

Red:

Hadirnya teknologi tak hanya mengubah dunia transportasi, akomodasi, atau otomotif. Sentuhan kecanggihan kini juga banyak sekali ditemui pada industri mainan.

Apabila dulu mainan dihadirkan untuk menghabiskan waktu menyenangkan bagi anak-anak, kini tak lagi seperti itu. Mainan kini semakin pintar, canggih, bahkan tak jarang pula membuat orang dewasa ingin ikut pula memainkannya.

Salah satu perusahaan rintisan asal Amerika Serikat (AS), Anki, telah memperkenalkan Cozmo pada 17 Oktober 2016. Laman Time menyebutkan, Cozmo merupakan robot mini tercanggih saat ini dengan kecerdasan buatan manusia atau artificial intelligence (AI).

Bentuknya kecil dengan roda menyerupai kendaraan tank. Kemudian, wajahnya berbentuk layar persegi yang akan memperlihat dua buah kotak melambangkan mata Cozmo.

Robot ini juga memiliki tangan, tapi tidak berupa dua lengan. Cozmo mirip sekali dengan mobil pengangkat alat berat, tetapi dalam versi mini dan lebih minimalis.

Selain bisa berjalan, Cozmo juga mampu berguling, hingga menegakkan kembali tubuhnya bila jatuh dalam posisi terbalik atau miring. Beberapa video dari para vlogger teknologi sudah banyak mengulas tentang robot yang satu ini.

Dari video tersebut terlihat ia memiliki kecerdasan mirip manusia. Ketika membeli Cozmo, pemilik akan mendapatkan satu robot, tiga buah cube atau kotak, satu tempat pengisi daya baterai, dan remote.

Untuk bermain dengan Cozmo, pengguna harus mengunduh aplikasi dan terkoneksi dengan robot. Kemudian, aplikasi akan memberikan notifikasi terhadap keinginan Cozmo saat itu.

Ia bisa bermain menyusun kotak atau menabrak tumpukannya, menebak lampu berwarna pada cube, hingga mengumpan kotak di depan Cozmo sampai ia menyentuhnya. Permainan sederhana tersebut bisa dilakukan antara Cozmo dan pemiliknya.

Hal menyenangkan akan muncul ketika Cozmo mampu menunjukkan reaksi emosional. Misalnya, ia akan memperlihatkan raut wajah marah ketika kalah atau akan menggulingkan tubuhnya saat menang.

Cozmo juga bisa mengeluarkan suara menyerupai robot. Bahkan, ia bisa tertawa, mengeluh, hingga menggeram. Ketika berjalan, ia tidak akan menabrak benda di hadapannya.

Cozmo juga bisa menunjukkan sikap usil. Misalnya, saat anjing peliharaan tertidur, ia akan mendekatinya dan memainkan bulunya. Mirip seperti manusia, ketika Cozmo merasa lelah, ia juga akan tertidur.

Cozmo merupakan robot mini yang mampu membawa AI ke dalam rumah. Siapa sangka keberadaannya mampu menyita perhatian pencinta teknologi dan mainan.

Gartner memprediksi, tahun ini Cozmo akan mendapatkan penjualan secara global sebesar delapan juta unit. Namun, dalam tiga tahun mendatang, diprediksi angka ini akan melesat jauh mencapai 421 juta unit. Hal tersebut bukan mustahil mengingat perangkat berkemampuan AI, AR, dan VR akan 'menggila' pada tahun ini dan seterusnya.

Anki membutuhkan waktu yang tidak sebentar ketika merancang Cozmo. Tiga pendiri Anki memulainya sejak 2008 lalu. Kunci keberhasilan Cozmo terletak pada otaknya yang cerdas.

Otak Cozmo hadir seperti ponsel pintar, mampu menjalankan perintah pemiliknya. Namun, Cozmo memiliki sesuatu yang spesial, yakni karakternya yang seperti manusia.

Ia memiliki sensor dan kamera pada wajahnya. Bahkan, ketika diprogram, Cozmo mampu mengenali pemiliknya atau orang yang tengah mengoperasikannya. Misalnya, kita bisa bertanya pada Cozmo, 'Hei Cozmo, kamu ingat saya?' Maka, robot akan menjawab dengan menyebutkan nama dari pemiliknya tersebut. Bahkan, Anki menyebutkan, kecerdasan Cozmo pada masa mendatang akan terus bertambah.

Nantinya, ia akan mampu mengenali hewan peliharaan dan bahasa. "Tidak bergantung pada apa yang diperintahkan, ia akan semakin pintar dan berpengaruh pada lingkungan serta perilakunya," ujar President of Anki Hanns Tappeiner.

Untuk menciptakan karakter Cozmo, Anki tak bekerja setengah hati. Mereka merekrut tim animasi dari Pixar dan Dreamwroks. Saat ini, Cozmo dibanderol 180 dolar AS per unit.

Jenis peliharaan baru

Robot lain dengan kecerdasan buatan juga dimiliki Genibo QD. Laman Robots.nu menjelaskan, Genibo merupakan robot anjing yang bisa menjalankan perintah pemiliknya. Misalnya, Genibo akan melakukan perintah, seperti duduk, berguling, hingga memainkan buntutnya.

Genibo mampu melakukan hal demikian karena kelenturan badan yang dimilikinya. Sebuah digital kamera juga berfungsi sebagai sensor pada wajahnya.

Kamera tersebut juga bisa digunakan untuk berinteraksi dengan robot Genibo lain. Kamera tersebut juga bisa mengambil foto berukuran 355x288 megapiksel yang terletak pada hidungnya.

Kemudian, pengguna bisa mentransfer foto via Bluetooth ke dalam perangkat PC atau ponsel. Koneksi Bluetooth ini digunakan untuk mengoperasikan Genibo.

Robot anjing tersebut memiliki mata dari lampu LED dengan beberapa warna. Perubahan warna akan menunjukkan sisi emosionalnya, misalnya ketika marah, sedih, atau bahagia.

Genibo juga mampu mengenal lebih dari 100 kata dan perintah yang ditujukan padanya. Bahkan, ia bisa berlaga seperti anjing peliharaan dan meminta pemiliknya untuk mengelus badannya.

Di balik kecerdasan Genibo, pengguna bisa menentukan beberapa fitur pada robot melalui perangkat lunak The Genibo Control Manager. Misalnya, pemilik ingin ia mengerti perintah tertentu untuk melakukan gerakan tertentu.

Pengguna bisa merekam dan memasukkannya dalam daftar melalui perangkat lunak tersebut. Apabila ingin mendengar robot yang satu ini menggeram atau mendengkur, pengguna bisa pula merekam suara yang diinginkan.        rep: Nora Azizah, ed: Setyanavidita Livikacansera 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ اِلٰى نِسَاۤىِٕكُمْ ۗ هُنَّ لِبَاسٌ لَّكُمْ وَاَنْتُمْ لِبَاسٌ لَّهُنَّ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُوْنَ اَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ ۚ فَالْـٰٔنَ بَاشِرُوْهُنَّ وَابْتَغُوْا مَا كَتَبَ اللّٰهُ لَكُمْ ۗ وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْاَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِۖ ثُمَّ اَتِمُّوا الصِّيَامَ اِلَى الَّيْلِۚ وَلَا تُبَاشِرُوْهُنَّ وَاَنْتُمْ عَاكِفُوْنَۙ فِى الْمَسٰجِدِ ۗ تِلْكَ حُدُوْدُ اللّٰهِ فَلَا تَقْرَبُوْهَاۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُوْنَ
Dihalalkan bagimu pada malam hari puasa bercampur dengan istrimu. Mereka adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwa kamu tidak dapat menahan dirimu sendiri, tetapi Dia menerima tobatmu dan memaafkan kamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah bagimu. Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang putih dan benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa sampai (datang) malam. Tetapi jangan kamu campuri mereka, ketika kamu beriktikaf dalam masjid. Itulah ketentuan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, agar mereka bertakwa.

(QS. Al-Baqarah ayat 187)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement