Jumat 12 Apr 2013 08:20 WIB

Menyambut Datangnya Teknologi 4G

Red: Zaky Al Hamzah
Jaringan 4G (Ilustrasi)
Jaringan 4G (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Arus perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bergerak sangat cepat. Dalam waktu yang tak begitu lama, perubahan dan teknologi terbaru terus bermunculan. Evolusi, bahkan revolusi dalam teknologi ini mau tak mau harus diikuti.

Masih belum bisa dilupakan dalam ingatan, pada awal dekade 2000 teknologi telepon seluler mulai banyak dipakai masyarakat Indonesia. Kala itu, layanan dasar yang paling banyak dipakai baru sebatas untuk bertelepon. Dalam waktu relatif singkat, fitur text message alias SMS kemudian menjadi favorit dan menggantikan fitur voice calling.

Kini, SMS mulai ditinggalkan, tergantikan oleh layanan messaging service yang banyak disediakan melalui jaringan mobile data. “Kini terasa era 2G mulai pudar, digantikan 3G, dan tak lama lagi 4G pun bisa dinikmati,” ujar Ketua Komisi Tetap Kadin Indonesia Bidang Telekomunikasi Johny Swani Sjam.

Riset terbaru yang dilakukan Frost and Sullivan memaparkan jumlah pengguna ponsel di dunia mencapai 6,5 miliar dan pengguna internet 2,5 miliar. Di Indonesia, merujuk perbandingan dari tahun ke tahun, pendapatan operator dari layanan suara semakin berkurang. Sebaliknya, layanan data merangsek naik hingga 38,2 persen pada 2012.