Ahad 21 Apr 2013 13:25 WIB
Daftar Caleg Sementara

Andalkan Caleg Muda, PPP Serahkan DCS Senin

Sekjen DPP PPP, Romy Romahurmuziy (kiri), dan Sekertaris Fraksi PPP, Arwani Thomafi (kanan)
Foto: Antara
Sekjen DPP PPP, Romy Romahurmuziy (kiri), dan Sekertaris Fraksi PPP, Arwani Thomafi (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Nama-nama beken, seperti Mat Solar dan Munarman, muncul dalam daftar calon sementara (DCS) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) untuk Pemilu 2014. Dari 560 caleg DPR RI yang bakal diusung, 90 persen di antaranya berusia di bawah 50 tahun.

“Kali ini kami banyak mencalonkan generasi muda,” kata Wakil Ketua Umum I PPP Emron Pangkapi saat dihubungi Republika, Sabtu (20/4).

Emron mengatakan PPP mengusung caleg muda dari lintas kalangan. Ada yang dari kalangan akademisi, agama, hingga aktivis. PPP mengandalkan caleg muda lantaran kaum muda memiliki kualitas integritas dan elektabilitas yang mumpuni. “Tingkat pendidikan mereka di atas Strata 1,” kata Emron.

Sejumlah tokoh baru yang bakal dicalegkan PPP, di antaranya Prof Zainal Abidin Alam dari Aceh, HM Mizar Dahlan dari ICMI, Mayor Jenderal Purnawiran Kiflan Zein, Prof Agustin Setiabudi, dan Dr HM Ito. Selain nama-nama itu, ada juga sejumlah caleg yang sudah memiliki nama beken di masyarakat. misalnya, artis komedian Mat Solar dan mantan aktivis LBHI Munarman. “Mereka intelektual Muslim yang berasal dari kader partai dan ormas-ormas Islam,” ujar Emron.

Selain mengandalkan nama-nama baru di jajaran calegnya, PPP juga menjadi anggota legislatif mereka di DPR sebagai magnet penarik suara. Ada 38 anggota DPR RI PPP yang akan kembali maju di Pemilu 2014. Menurut Emron, anggota DPR PPP merupakan modal dasar partai. Mereka sudah lulus di kompetisi sebelumnya dan mempunyai pengalaman. “Yang pasti, bisa menarik suara banyak,” katanya.

PPP menargetkan suara 12 persen. Artinya, jika sekarang jumlah kursi PPP di DPR hanya 38 kursi, pada 2014 nanti mereka berharap bisa meraih sekitar 60 kursi DPR dari 562 kursi yang ada. Target ini, menurut Emron, tidak muluk. Dia menyatakan PPP telah memantabkan persiapan lewat konsolidasi dan penguatan infrastruktur jaringan dari pusat hingga ke daerah. “Kita optimistis,” ujarnya.

PPP sendiri baru akan menyerahkan DCS anggota legislatif ke KPU Senin lusa. Menurut Emron, seluruh berkas sebenarnya sudah lengkap, tetapi belum ditandatangani Ketua Umum PPP Suryadarma Ali. Hal ini karena Suryadarma sedang berada di luar negeri dan baru kembali Sabtu sore. “Pak Surya akan menandatangani 560 surat DCS X 3,” kata Emron. n muhammad akbar wijaya ed: nina ch

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement