Jumat 01 Nov 2013 08:15 WIB

Indonesia vs Kirgistan, Mengukur Kekompakan

Red: Zaky Al Hamzah
Pelatih Timnas Jacksen F. Tiago (kanan) saat melakukan sesi latihan bersama timnas di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (20/3).  (Republika/Yasin Habibi)
Pelatih Timnas Jacksen F. Tiago (kanan) saat melakukan sesi latihan bersama timnas di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (20/3). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tim nasional (timnas) senior Indonesia akan melakoni uji coba melawan Kirgistan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (1/11) malam. Skuat Garuda menjadikan laga ini sebagai tolok ukur kekompakan tim menjelang duel menghadapi Cina pada kualifikasi Piala Asia 2015 Grup C pada 15 November.

Pelatih timnas Jacksen Ferreira Tiago belum puas dengan hasil imbang 1-1 melawan Cina pada pertemuan pertama di Jakarta pada 15 Oktober. Namun, ia gembira dengan proses gol timnas yang dicetak Boas Solossa pada menit ke-67. Menurut Jacksen, gol tersebut merupakan buah manis kolektivitas tim. Berawal dari umpan lambung Raphael Maitimo dari lini tengah, Ahmad Bustomi yang berada di kotak pertahanan kemudian melanjutkan umpan tersebut dengan sundulan kepada Boaz. Boaz yang berdiri tanpa kawalan langsung melepaskan tendangan voli untuk membobol gawang Cina.

“Saya sangat bahagia melihat proses gol tersebut. Kolektivitas permainan seperti itu yang saya harapkan bisa kembali terlihat dalam pertandingan nanti,” kata Jacksen dalam sesi jumpa pers di Jakarta, Kamis (31/10).

Timnas senior sudah melakukan persiapan sejak 23 Oktober dengan lebih dulu menggembleng fisik pemain di Kota Batu, Malang. Para penggawa Merah Putih kemudian berpindah tempat ke Jakarta sejak akhir pekan lalu.