Jumat 14 Oct 2016 18:00 WIB

Toyota Sabet Penghargaan Eksportir Berkinerja Terbaik

Red:

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kembali mendapatkan penghargaan bergengsi Primaniyarta Award 2016 dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia (RI) untuk ketujuh kalinya di kategori Eksportir Berkinerja Terbaik. Primaniyarta 2016 diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kepada Senior Direktur TMMIN, Edward Otto Kanter, dalam acara pembukaan Trade Expo 2016 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta, Rabu (12/10).

Edward mengaku senang bisa mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perdagangan RI, atas kinerja ekspor Toyota Indonesia yang stabil dan terus berkembang. Dia berharap, kinerja ekspor Toyota dapat berkontribusi dalam upaya meningkatkan ekspor nonkomoditas yang mendukung penambahan devisa negara.

"Tentunya, aktivitas ekspor yang berbuah penghargaan ini tidak dapat kami capai tanpa dukungan dari semua pihak, terutama Pemerintah Indonesia yang menyediakan berbagai sarana, infrastruktur, dan regulasi," ujar Edward Otto Kanter dalam rilisnya kepada Republika.

Penghargaan Primaniyarta telah diperoleh TMMIN sejak 2008, 2010, 2011, dan berturut-turut diterima empat kali, dimulai pada 2013 hingga 2016. Pengakuan pencapaian prestasi atas kinerja ekspor TMMIN juga dikukuhkan oleh Bank Indonesia melalui penghargaan sebagai Perusahaan Pelapor Devisa Hasil Ekspor Terbaik 2015 pada Desember tahun lalu. Penghargaan ini diraih dengan pencatatan nilai ekspor Toyota sebesar dua miliar dolar AS dan akumulasi mencapai lebih dari 15 miliar dolar AS.

TMMIN sebagai satu-satunya produsen kendaraan yang meraih penghargaan Primaniyarta tahun ini, berhasil menambah varian ekspor kendaraan utuh bermerek Toyota dari delapan model yang terdiri dari Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush, Town atau Lite Ace, dan Agya, menjadi sembilan model dengan dimulainya ekspor Sienta ke beberapa negara di Asia. Produk-produk andalan ekspor ini diproduksi di pabrik Toyota dan grupnya di Indonesia dengan dukungan kapabilitas sumber daya manusia berkelas global.

Selain menambah produk ekspor dalam bentuk kendaraan utuh, TMMIN juga memulai ekspor mesin bensin, dan etanol tipe R-NR, yang baru saja mulai diproduksi di Maret 2016. Ekspor ini melengkapi line-up mesin bensin dan etanol tipe TR-K.

Di samping itu, TMMIN juga mengekspor kendaraan terurai (CKD/completely knock down), komponen kendaraan serta alat bantu produksi berupa jigs (alat bantu dalam proses pengelasan), dan dies (alat bantu dalam proses pengepresan) yang sekaligus menunjukkan tingkat kedalaman industri TMMIN.     rep: Rossi Handayani, ed: Mansyur Faqih

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement