Ahad 01 Mar 2015 17:44 WIB

DENDAM INTER

Red: operator

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Inter Milan bersiap menjamu Fiorentina di Stadion Giuseppe Meazza, Senin (2/3) dini hari WIB. Kedua tim akan berlaga dalam lanjutan Liga Italia pekan ke-25 mu sim 2014/2015.

Menjelang pertandingan panas ini, para penggawa Inter Milan kembali diingatkan oleh hasil pertemuan kedua tim di putaran pertama. Kala itu, Fredy Guarin dan rekan-rekan dipermalukan 0-3 dalam laga yang berlangsung pada 5 Oktober 2014 tersebut.

Saat itu, pelatih Inter masih Walter Mazzarri. Dia menyebut hasil negatif yang diraih timnya atas Fiorentina lantaran skuat biru-hitam dilanda kelelahan. Penyebabnya, klub yang berjuluk Nerazzurri tersebut berlaga di dua kompetisi berbeda dalam pekan yang sama.

Kini, situasi yang sama persis akan terjadi lagi. Inter baru melakoni laga melawan Glasgow Celtic di Liga Europa sebelum menjamu La Viola dalam ajang Seri A. Hanya saja, tim lawan, Fiorentina, juga bergelut di tur namen serupa sehingga andai faktor kelelahan melanda, jelas tidak ada yang lebih diuntungkan.

Apa pun itu, era Mazzarri bersama Inter telah berlalu. Kini, di kursi kepelatihan sudah ada nama Roberto Mancini. Perlahan tapi pasti di bawah arahan eks juru taktik Manchester City tersebut, La Beneamata mulai menemukan keseimbangan.

Faktanya, dalam tiga laga terakhir Seri A, Lukas Podolski cs berhasil menggasak semua tim lawan.

Bermula dari Palermo yang dihancurkan tiga gol tanpa balas, kemudian tuan rumah Atalanta yang dibenamkan 4-1. Terakhir, pekan lalu, bertandang ke markas Cagliari, Inter unggul tipis dengan skor 2- 1.

Catatan tiga kemenangan beruntun di liga domestik, tentu menjadi bekal manis tuan rumah dalam laga Senin dini hari nanti.

Sang allenatore, Mancini, pun terus menyerukan agar hasil positif ini dipertahankan. Meski ia pun mengakui, hanya dengan kerja keras hal itu dapat terwujud.

"Tiga kemenangan beruntun di liga? Kami tidak memiliki satu detik pun untuk bersantai. Kami harus mempunyai persiapan sebaik mungkin untuk laga selanjutnya sehingga bisa meneruskan penampilan bagus ini," kata Mancini, di lansir dari laman resmi klub, tengah pekan ini.

Selain itu, menurut arsitek berusia 50 tahun ini, dukungan penonton bakal menjadi pembeda. Tentu saja, kata dia, sorakan para Interisti di tribun akan menjadi kekuatan tambahan skuat Nerazzurri kala berjibaku di lapangan hijau.

"Dukungan dari penonton di San Siro selalu penting, ini tergantung pa da penampilan kami untuk membuat mereka datang dan mendukung tim," ujarnya.

Sementara di kubu tamu tak kalah percaya diri. Hingga kini, skuat besutan Vincenzo Montella tersebut masih bermain di tiga kompetisi berbeda. Untuk Seri A, Fiorentina kini duduk manis di peringkat lima dengan poin 39 dari 24 laga atau unggul empat poin atas Inter.

Rekor yang tak kalah ciamik adalah, dalam 14 laga terakhir di kompetisi domestik, tim berjuluk Gigliati itu baru tersandung pada satu pertandingan. Dengan begitu, bisa dibilang Mario Gomez cs siap tempur melawan Inter.

Kekesalan akibat hanya bermain imbang melawan Torino pekan lalu, bakal menjadi pelecut semangat La Viola untuk berbenah. Satu hal yang pasti, kepercayaan diri tentu berada di benak tim tamu. Pasalnya, skor 3- 0 pada Oktober tahun lalu bakal menjadi pegangan.

Namun, patut diingat, dalam 15 tahun terakhir, Fiorentina tidak pernah mengalahkan Inter di Giuseppe Meazza. Mungkinkah rekor ini akan terpecahkan atau tuan rumah yang terus melanjutkan dominasi di markas sendiri.

Laga ini juga bakal menjadi pertarungan antara para juru gedor anyar kedua kesebelasan. Inter Milan mengandalkan Xherdan Shaqiri dan Lukas Podolski, sementara tim tamu memiliki Mohamed Salah. c89, ed: Abdullah Sammy

INTER MILAN (4-2-3-1)

PELATIH: Roberto Mancini

TOTTENHAM (3-5-2)

PELATIH: Vincenzo Montella

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN

Tatarusanu Basanta Rodriguez Fernandez Juan Santon Icardi Brozovic Podolski Guarin Medel Shaqiri Campagnaro Vidic Carrizo Joaquin Mohamed Salah Gomez Borja Valero Pasqual Pizarro Saavic

LIMA PERTANDINGAN TERAKHIR KEDUA TIM

05/10/2014Fiorentina3-0 Inter Milan

15/02/2014Fiorentina1-2 Inter Milan

26/09/2013Inter Milan2-1 Fiorentina

17/02/2013Fiorentina4-1 Inter Milan

30/09/2012Inter Milan2-1 Fiorentina

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement