Jumat 25 Mar 2011 06:28 WIB

Fitch Turunkan Peringkat Portugal Dua Tingkat

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON--Fitch Ratings pada Kamis memangkas peringkat utang negara Portugal dua tingkatk dan mengatakan pihaknya bisa menurunkan peringkat lebih lanjut setelah parlemen menolak kebijakan ekonomi pemerintah. Fitch, salah satu dari tiga lembaga pemeringkat terkemuka, mengatakan memangkas peringkat Portugal menjadi 'A-' dari 'A +' dan menempatkan mereka dalam kajian negatif.

Perdana Menteri Portugal Jose Socrates mengundurkan diri pada Rabu setelah parlemen menolak rencana penghematan terbaru pemerintahannya, memicu kekhawatiran bahwa Lisbon harus mencari sebuah 'bailout' (dana talangan) Uni Eropa-IMF untuk menstabilkan keuangannya, setelah Yunani dan Irlandia membutuhkan bantuan serupa tahun lalu. Rencana penghematan ini bertujuan untuk menghindari kebutuhan seperti bailout dengan memastikan bahwa Lisbon dapat memenuhi kewajiban pembayaran utangnya.

Fitch mengatakan jatuhnya pemerintahan meningkatkan tingkat risiko. "Penurunan peringkat mencerminkan kenaikan risiko terhadap pelaksanaan kebijakan dan pembiayaan fiskal ... Kegagalan parlemen untuk meluluskan langkah-langkah konsolidasi fiskal dan pengunduran diri perdana menteri," katanya.

Pada Desember Fitch menurunkan peringkat Portugal menjadi 'A +' dengan prospel negatif, memperingatkan langkah-langkah tambahan akan diperlukan jika pemerintah membawa defisit publik turun ke target 4,6 persen dari PDB. "Kegagalan untuk meloloskan langkah-langkah seperti itu ... dan ketidakpastian kebijakan berikutnya telah melemahkan kredibilitas program reformasi dan struktural fiskal Portugal," katanya Kamis.