Selasa 05 Apr 2011 17:42 WIB

Kilang Terbakar, Pemerintah Didesak Ganti Jajaran Direksi Pertamina

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Kilang Pertamina Cilacap terbakar.
Foto: Antara/Idhad Zakaria
Kilang Pertamina Cilacap terbakar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah didesak segera merombak jajaran direksi PT Pertamina terkait terbakarnya kilang minyak di Cilacap. "Pemerintah harus segera melakukan evaluasi terhadap direksi Pertamina," kata Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Effendi Simbolon, di Senayan Jakarta, Selasa (5/4).

Menurut dia, pihak yang paling bertanggung jawab atas terbakarnya kilang Cilacap adalah Direktur Utama (Dirut) Pertamina. Dengan begitu, kata dia, Dirut Pertamina layak mundur atas kejadian ini.

"Karena segala sesuatu menyangkut pengelolaan Pertamina itu mestinya sudah ada standar operasional prosedurnya," kata Effendi. Ia meminta agar persoalan itu tidak dilihat secara sederhana sebagai kasus kebakaran kilang semata, tetapi lebih merupakan keteledoran jajaran direksi yang telah terbiarkan cukup lama.

Sampai saat ini, kasus serupa telah kerap terjadi di berbagai wilayah operasi Pertamina. "Selama ini direksi lebih banyak mengurus kepentingan internal ketimbang melakukan pengelolaan secara profesional," katanya.