Sabtu 20 Aug 2011 17:32 WIB

Ian Kabes Mundur dari Timnas Pra Piala Dunia

Rep: abdullah sammy/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO—Ian Kabes secara remi mengundurkan diri dari tim nasional Indonesia Pra-Piala Dunia. Kabar mengejutkan ini diungkapkan gelandang asal Persipura Jayapura itu pada Sabtu (20/8) kepada pelatih kepala Wim Rijsbergen.

Kabes meninggalkan markas timnas di Solo untuk menuju kampung halamannya di Papua. Kabes mengungkapkan permohonannya pribadinya pada Rijsbergen agar diijinkan pulang karena ada urusan keluarga yang harus diselesaikan. Setelah mendapat ijin dari pelatih dan manajemen, Kabes akhirnya meninggalkan pemusatan latihan yang telah dijalaninya sejak tanggal 7 Agustus 2011.

Kabes mengaku, tekadnya sudah bulat untuk meninggalkan timnas. Dia mengaku sudah tidak bisa berkonsentrasi membagi pikiran pada timnas, namun di sisi lain perhatiannya tercurah pada keluarga. “Pikiran saya sudah tidak lagi bersama pelatnas, karena itu lebih baik saya kembali ke Papua bersama keluarga,” ujar Kabes seputar kepulangan dirinya.

Hengkangnya Kabes sangat disayangkan karena pemain yang biasa berposisi di sisi kiri permainan itu sudah berulangkali undur diri dari skuat Merah-Putih. Sebelumnya, di era kepelatihan Alfred Riedl, Kabes juga dicoret akibat dianggap tidak memiliki motivasi bermain.