Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

16 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Timnas Putri Lakukan Uji Coba ke Cina

Sabtu 01 Oct 2011 09:14 WIB

Rep: ratna puspita/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Skuat inti tim nasional basket putri Indonesia yang akan berlaga pada SEA Games XXVI ditentukan. Sebanyak 13 pemain inti ini akan melakoni uji coba di Guangzhou, Cina, pada 4 sampai 12 Oktober mendatang.

Manajer timnas basket putri Indonesia, Hasan Gozali, mengatakan, tim direncanakan melakoni enam pertandingan melawan tim lokal selama delapan hari di Negeri Tirai Bambu. Ini menjadi uji coba terakhir sebelum skuat Merah Putih berlaga pada pesta olah raga antarnegara Asia Tenggara yang dihelat di Sumatera Selatan dan Jakarta, November mendatang.

“Ada jeda yang cukup lama sebelum SEA Games. Jadi, kami memutuskan untuk uji coba sebagai pemanasan,” kata Hasan, kepada Republika, di Jakarta, Sabtu (1/10).

Hasan menuturkan, uji coba ini juga untuk mempertahankan performa anak-anak asuhan Bill McCommon seusai tampil pada Kejuaraan FIBA Asia di Omura, Jepang, Agustus lalu. Skuat Merah Putih hanya menelan satu kekalahan dari Kazakhstan meski gagal melaju ke playoff Kejuaraan dua tahunan tersebut.

Indonesia yang mencatat empat kemenangan pada penyisihan grup finis di posisi sembilan dari 12 kontestan atau di bawah Malaysia yang bertengger pada posisi tujuh. Tapi, Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dan Singapura pada penyisihan grup.

Selain itu, Wulan Ayu Ningrum dan kawan-kawan dinilai memeragakan penampilan yang cukup baik dan menjalankan sistem yang sudah dibangun selama delapan bulan pemusatan latihan. “Itu yang ingin kami pertahankan dan lebih memolesnya,” kata Hasan.

Sebelum berangkat ke Cina, tim sudah dikurangi dari 15 personil menjadi 13 pemain inti. Skuat inti sebenarnya berjumlah 12 pemain. Tapi, McCommon memutuskan menambah satu pemain sebagai reserves bila ada yang cedera. “Itu keputusan pelatih. Semua diputuskan sesuai kebutuhan tim,” kata Hasan.

Timnas basket putri Indonesia ditargetkan meraih medali perunggu pada pesta olah raga antarnegara Asia Tenggara tersebut. Thailand, Malaysia dan Filipina diprediksikan akan menyulitkan skuat Merah Putih. Tapi, PP Persatuan Basket Seluruh Indonesia optimistis mampu melaju ke final dan medali perak.

Selain uji coba ke Cina dan tampil pada Kejuaraan FIBA Asia, timnas basket putri sudah melakoni lawatan ke Filipina. Tim juga sempat mengundang Thailand, Singapura, dan tim dari Hongkong ke Jakarta beberapa waktu lalu.

Sepulang dari Cina, timnas akan fokus pada persiapan terakhir.Hasan mengatakan, tim kepelatihan akan mengurangi beban latihan. Langkah tersebut dilakukan untuk menghindari cedera pemain. “Tidak ada latihan berat dan intensitasnya dikurangi,” ujar dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile