Selasa 03 Jul 2012 09:07 WIB

Tentara Elit Australia Tewas di Afghanistan

Rep: Gita Amanda/ Red: Hafidz Muftisany
Tentara Australia di Afghanistan
Tentara Australia di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA-- Seorang tentara elit Australia ditembak hingga tewas dalam perjalanan tugasnya yang ke tujuh di Afghanistan. Insiden ini menambah jumlah tentara Australia yang tewas dalam perang selama satu dekade terakhir.

Kepala Angkatan Pertahanan Australia Letnan Jenderal David Hurley mengatakan, veteran berusia 40 tahun tersebut berasal dari Resimen Udara Khusus, Specuial Air Service (SAS). Ia tewas di provinsi Uruzgan, Senin (2/7), dalam sebuah operasi yang melibatkan pasukan Australia dan Afghanistan.

Tentara tersebut langsung dievakuasi dengan luka dada ke rumah sakit militer di pangkalan militer Australia di Tarin Kowt. Namun sayang, nyawanya tak dapat diselamatkan. Pihak keluarga korban masih belum mau mempublikasikan nama korban.

Tidak diketahui pasti bagaimana bisa, seorang tentara SAS terus bertugas selama tujuh kali perjalanan ke Afganistan. Namun kematiannya menambah korban tentara Australia yang tewas di Afganistan, menjadi 33 orang. Dari semua korban, tak ada yang melakukan kunjungan sebanyak veteran tersebut.