Selasa 25 Sep 2012 17:05 WIB

Rusia Tempatkan MIG-31 di Arktik

Red: Didi Purwadi
Jet tempur pencegat jenis MiG-31BM
Foto: mydailyclarity.com
Jet tempur pencegat jenis MiG-31BM

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Kementerian Pertahanan Rusia akan menempatkan pesawat tempur pencegat jarak jauh MiG-31 di pangkalan Rogachyovo, Arktik, pada akhir tahun ini. Penempatan dilakukan untuk memperkuat pertahanan di wilayah utara.

"Skadron MiG-31 akan menjadi bagian utama pembangunan sistem pertahanan anti-peluru kendali Rusia. MiG-31 mampu mencegat bukan hanya pesawat penyerang, namun juga rudal jelajah dengan hulu ledak nuklir dari Laut Barents hingga pesisir Laut Laptev," kata laporan "Izvestia" mengutip pernyataan militer setempat pada Selasa.

Pengamat militer Anatoly Tsyganok mengatakan MiG-31BM mempunyai daya jelajah 1.450km dengan menggunakan bahan bakar internal. Daya jelajahnya bisa ditambah hingga 5,400km jika melakukan pengisian bahan bakar di udara.

Walaupun Rusia tidak mempunyai cakupan radar berbasis di darat yang lengkap di wilayah bagian utara, namun pesawat jet berkursi dua itu bisa mencegat target hingga lebih dari 200 km jauhnya. Itu berkat teknologi radar canggih dan perluru kendali jarak jauh.