Kamis 13 Dec 2012 02:02 WIB

Sepakbola Indonesia Bisa Sejajar Spanyol, Asal...

Red: Karta Raharja Ucu
Para pendukung timnas Indonesia terus memberikan semangat pada Bambang Pamungkas cs, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/11). (ROL/Fafa)
Para pendukung timnas Indonesia terus memberikan semangat pada Bambang Pamungkas cs, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/11). (ROL/Fafa)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepakbola Indonesia berpotensi besar berbicara banyak dalam persepakbolaan dunia. Bahkan Indonesia bisa sejajar dengan juara dunia Spanyol.

Syaratnya, budi daya sumber daya manusia diperhatikan. Sayangnya, PSSI sebagai pihak pengelola sepak bola tertinggi di Indonesia, dinilai belum mampu memberikan kemampuan terbaiknya dalam merangsang prestasi sepak bola.

Padahal, Indonesia memiliki potensi sumber daya manusia yang sangat besar dengan jumlah lebih dari 200 juta penduduk. Pada pelaksanaan Piala AFF 2010 Indonesia berada di peringkat 127 dari 207 anggota. (baca: Indonesia Disanksi FIFA, Ini Kata Masyarakat).

Tapi dalam kurun dua tahun terakhir, Indonesia melorot ke posisi 169 dunia. "Bila membandingkan peringkat antara Indonesia dengan Spanyol memang tidak logis. Tapi perlu diingat bahwa jumlah pemain sepak bola kita yang tercatat di FIFA sebanyak 69.960 orang, atau terbesar kedua setelah Sang Juara Dunia," seloroh Ketua Masyarakat Sepak Bola Indonesia (MSBI), Sarman Hakim, dalam diskusi 'Saatnya Indonesia dihukum FIFA' di Senayan, Jakarta, Rabu (12/12).

Artinya, kata Sarman, Indonesia memiliki potensi besar meraih juara di kompetisi internasional. "PSSI tidak menciptakan suatu strategi pembinaan sepak bola yang secara konsisten merangsang prestasi puncak dan berkelanjutan. Contohnya adalah kegagalan meneruskan keberlanjutan kompetisi sepak bola wanita dan pembinaan calon pebola muda berbakat," kata Sarman.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَفَمَنْ هُوَ قَاۤىِٕمٌ عَلٰى كُلِّ نَفْسٍۢ بِمَا كَسَبَتْۚ وَجَعَلُوْا لِلّٰهِ شُرَكَاۤءَ ۗ قُلْ سَمُّوْهُمْۗ اَمْ تُنَبِّـُٔوْنَهٗ بِمَا لَا يَعْلَمُ فِى الْاَرْضِ اَمْ بِظَاهِرٍ مِّنَ الْقَوْلِ ۗبَلْ زُيِّنَ لِلَّذِيْنَ كَفَرُوْا مَكْرُهُمْ وَصُدُّوْا عَنِ السَّبِيْلِ ۗوَمَنْ يُّضْلِلِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ هَادٍ
Maka apakah Tuhan yang menjaga setiap jiwa terhadap apa yang diperbuatnya (sama dengan yang lain)? Mereka menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah. Katakanlah, “Sebutkanlah sifat-sifat mereka itu.” Atau apakah kamu hendak memberitahukan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya di bumi, atau (mengatakan tentang hal itu) sekedar perkataan pada lahirnya saja. Sebenarnya bagi orang kafir, tipu daya mereka itu dijadikan terasa indah, dan mereka dihalangi dari jalan (yang benar). Dan barangsiapa disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun yang memberi petunjuk baginya.

(QS. Ar-Ra'd ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement