Kamis 28 Feb 2013 16:29 WIB

Satgas Normalisasi Libatkan Pengamat dan APPI

Rep: Satria Kartika Yudha/ Red: Didi Purwadi
Roy Suryo (tengah)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Roy Suryo (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, membentuk Satuan Tugas (Satgas) Normalisasi Persebakbolaan Nasional. Satgas ini dibentuk untuk mengawal Kongres 17 Maret 2013 mulai dari verifikasi peserta hingga pelaksanaan kongres.

Dengan Satgas ini, Roy yakin persiapan hingga pelaksanaan kongres dapat berjalan baik. Alasannya, Satgas ini diisi oleh semua unsur yakni pemerintah, pengamat sepak bola, dan perwakilan pemain.

"Sehingga, konflik sepak bola Indonesia bisa segera berakhir sebelum FIFA menjatuhkan keputusan pada 20 Maret 2013. Karena, banyak yang mengawasi jika nantinya timbul banyak perdebatan,'' kata Roy di kantor Kemenpora, Jakarta, Kamis (28/2).

Satgas diketuai Rita Subowo yang juga merupakan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Wakil Ketua dijabat Agum Gumelar. Sedangkan, anggotanya terdiri dari pengamat seperti Ferril Raymond Hattu dan Yusuf Kurniawan.

CEO Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI), Valentino Simanjuntak, juga dipercaya menjadi anggota. Pun dengan aktifis Save Our Soccer, Apung Widadi.

Tugas pertama Satgas mengawal verifikasi peserta kongres. Seperti disepakati, kongres nanti akan menggunakan daftar peserta Kongres Luar Biasa (KLB) Solo pada Juli 2011. Sesuai perintah FIFA, peserta kongres yang berhak hadir adalah berdasarkan institusi/lembaga dan bukan anggota PSSI secara perseorangan.

Verifikasi, tegas Roy, tetap berada di bawah PSSI. "Satgas bertugas memastikan verifikasi berjalan dengan baik. Satgas juga bisa melakukan cross check kepada FIFA dan AFC mengenai daftar peserta kongres," ucapnya.

Namun intinya, Satgas tersebut harus bisa memastikan bahwa amanat FIFA mengenai pembahasan penyatuan liga, revisi, statuta, yang menjadi agenda kongres dapat terlaksana dan meminimalisir terjadinya perdebatan.

Satgas Penasehat

Ketua : Rita Subowo

Wakil Ketua : Agum Gumelar

Sekretaris : Yuli Mumpuni

Anggota : 1. Utut Adianto

                2. Tono Suratman

                3. Heru Nugroho

                4. Eko Indarjit

                5. Ivana Lie

Satgas Pelaksana

Ketua : Faisal Abdullah

Wakil Ketua : Yesayas Oktavianus

Sekretaris : Victor Emanuel

Wakil sekretaris : Mohammad Kusnaeni

Anggota : 1. Ganjar Laksamana Bonaparta

                2. Ferril Raymond Hattu

                3. Apung Widadi

                4. Valentino Simanjuntak

                5. Yusuf Kurniawan

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement