Selasa 02 Apr 2013 22:19 WIB

Bulan Ini, Harga Bawang dan Cabai Diprediksi Normal

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: A.Syalaby Ichsan
Wamendag Bayu Krisnamukti
Foto: Antara
Wamendag Bayu Krisnamukti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harga bawang dan cabai diprediksi akan normal pada bulan ini. Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan, pada Februari dan Maret, harga kedua komoditas itu memang naik. Tapi, akan stabil kembali di bulan April. 

"Secara historis, harga bawang dan cabe bulan Maret cenderung tinggi. April dan Mei cenderung turun," ujar Bayu, di Jakarta, Selasa (2/4).

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, inflasi di bulan Maret mencapai 0,63 persen. Sebesar 80,9 persen inflasi disebabkan oleh bahan makanan. Jika dikombinasikan komoditas bawang merah, bawang putih, cabai, dan berkontribusi 38 persen terhadap inflasi bahan makanan.

Bayu melihat kecenderungan selama 4-5 tahun terakhir, harga bawang dan cabe selalu tinggi di tiga bulan pertama. Puncaknya ada di bulan ketiga. Memasuki bulan April, harga sudah kembali turun. 

Pada bulan Maret, harga cabe merah rata-rata sekitar Rp 25.000. Harga ini rata-rata sama dengan harga di tahun 2011 dan 2012. Harga cabe rawit sekitar Rp 35.000, cukup rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang pernah mencapai 55.000.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement