Senin 27 May 2013 14:03 WIB

Ratusan Baut Jembatan Liem Sui Liong Kota Tangerang Dicuri

Rep: Nurhamidah/ Red: Hazliansyah
Pencurian baut jembatan. (ilustrasi)
Foto: www.jakpress.com
Pencurian baut jembatan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak 300 baut yang terpasang di Jembatan Liem Sui Liong, penghubung Jalan Imam Bonjol dengan Jalan MH Tamrin, di daerah Karawaci Kota Tangerang hilang akibat aksi pencurian.

Hal tersebut diketahui saat adanya pemeriksaan rutin oleh Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang pada Jumat, (24/5) lalu.

“Sekitar 300 baut yang hilang kemungkinan besar dicuri. Hari ini kita tangani secara teknis dilapangan yang hilang segera diganti,” kata Ruta Ireng Wicaksono, Kasi Pembangunan Jalan dan Jembatan, Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang kepada Republika, Senin (27/5).

Lebih jauh Ruta menjelaskan, tidak hanya baut yang hilang, tetapi juga 18 bantalan penyangga hilang.

 

Saat ini upaya yang dilakukan adalah dengan memasang baut baru. Begitu pula dengan bantalan jembatan segera dipasang lagi. Menurutnya baut tersebut akan dilakukan pengelasan yang diharapkan dapat terkunci kokoh. Sehingga tidak ada lagi yang bisa melakukan aksi pencurian.

Pemasangan baut diharapkan dapat selesai secepatnya dalam satu minggu ini.

Jembatan Liem Sui Liong memiliki ukuran panjang 120 meter dan lebar 9 meter. Jembatan tersebut sudah berusia sekitar 20 tahun yang terdiri dari jembatan komposit baja serta lantai yang terbuat dari beton.

"Ada sekitar 196 jembatan di Kota Tangerang yang harus dilakukan pengecekan. Biasanya dari tim berkeliling terus rutin diperiksa,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement