REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Toyota menguasai segmen multipurpose vehicle (MPV) dengan pangsa pasar 51,9 persen dalam lima bulan pertama tahun ini. Segmen MPV menjadi kontributor utama penjualan Toyota sepanjang tahun ini dengan total penjualan 116.981 unit.
"Atau menyumbang sekitar 65 persen dari total penjualan Toyota yang sebesar 179.917 unit," ujar General Manager Corporate Planning & Public Relation PT Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati, Rabu (19/6).
Menurut dia, pencapaian di segmen MPV antara lain berkat Avanza yang membukukan total penjualan 85.395 unit. Serta Kijang Innova 29.342 unit. "Juga produk andalan baru Toyota di segmen ini, NAV1 sebanyak 1.837 unit," lanjutnya.
Sementara itu, di segmen 4x4 Toyota membukukan total penjualan 533 unit. Toyota juga mendominasi market di kelas ini dengan pangsa pasar 64,1 persen. Penguasaan tersebut berkat line up produk Fortuner (4x4), Land Cruiser, dan FJ Cruiser.
Sementara itu, segmen kendaraan komersial Toyota membukukan total penjualan 17.215 unit. Atau tumbuh 48,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.
Ia mengatakan pertumbuhan ini didorong oleh penjualan pikap yang mencatatkan angka total 6.556 unit. Atau tumbuh 36,1 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 4.817 unit. "Pada periode yang sama, segmen kendaraan niaga dua ton membukukan total penjualan 10.105 unit atau tumbuh 49,2 persen dibandingkan dengan Januari-Mei 2012 sebanyak 6.775 unit," kata dia.