Sunday, 3 Rabiul Akhir 1446 / 06 October 2024

Sunday, 3 Rabiul Akhir 1446 / 06 October 2024

SMAN 1 Wonosobo Juarai Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

Rabu 19 Aug 2015 10:04 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Dwi Murdaningsih

Wakil Presiden Jusuf Kalla (ketiga kanan) bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan (ketiga kiri) serta pimpinan MPR berfoto bersama peserta lomba cerdas cermat setelah pembukaan acara Grand Final Lomba Cerdas Cermat MPR RI di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen

Wakil Presiden Jusuf Kalla (ketiga kanan) bersama Ketua MPR Zulkifli Hasan (ketiga kiri) serta pimpinan MPR berfoto bersama peserta lomba cerdas cermat setelah pembukaan acara Grand Final Lomba Cerdas Cermat MPR RI di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen

Foto: Republika/Raisan Al Farisi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Setelah bertarung sengit dalam sejak awal perlombaan, akhirnya SMAN 1 Wonosobo, Jawa Tengah, berhasil menjadi Juara I Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar MPR Tingkat Nasional 2015. Dalam final yang digelar pada 18 Agustus 2015, di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Jakarta. SMAN 1 Wonosobo berhasil mengalahkan SMAN 1 Mojokerto, Jawa Timur; dan SMAN 1 Ciomas, Banten.

Pada penyisihan pertama babak final LCC bertanding tiga sekolah, yaitu SMA Negeri 1 Sungai Raya Kalimantan Barat, SMA Negeri 1 Mojokerto Jawa Timur, dan SMA Negeri 28 Jakarta. Dalam penyisihan ini, SMA Negeri 1 Mojokerto unggul dengan perolehan nilai 193, diikuti SMA Negeri 28 Jakarta dengan nilai 153, dan SMA Negeri 1 Sungai Raya dengan nilai 143.

Di babak kedua final, mempertandingkan SMA Negeri 1 Polewali Sulawesi Barat, SMA Negeri 1 Ciomas Banten, dan SMA Negeri 1 Mataram Nusa Tenggara Barat. Penyisihan kedua ini berlangsung seru.  SMA Negeri 1 Ciomas dan SMA Negeri 1 Mataram bersaing ketat.

Akhirnya, SMA Negeri 1 Ciomas berhasil unggul dengan nilai 210 disusul SMA Negeri 1 Mataram dengan meraih 193, dan SMA Negeri Polewali dengan nilai 163. Penyisihan ketiga menampilkan SMA Negeri 10 Samarinda Kalimantan Timur, SMA Negeri 1 Wonosobo Jawa Tengah, dan SMA Negeri 2 Palangka Raya.

Dalam penyisihan ketiga ini, keluar sebagai pemenang SMA Negeri 1 Wonosobo dengan nilai 204, di tempat kedua SMA Negeri 2 Palangka Raya, dan SMA Negeri 10  Samarinda di tempat ketiga. Namun, langkah SMAN 1 Wonosobo tidak terhentikan. Nilai yang diraih oleh mereka adalah  224. Sementara SMAN 1 Mojokerto 201, dan SMAN 1 Ciomas 196.

Guru PKN SMAN 1 Wonosobo, Narjo, mengaku bangga sekolahnya bisa menjadi Juara I Tingkat Nasional. Ia mengatakan, sebelum berangkat ke Jakarta, mereka giat melakukan latihan. ''Bisa setiap hari,'' katanya, Selasa (18/8)

Komposisi regu sekolah itu menurut Narjo, separuh Kelas XI, separuh Kelas XII. Perasaan serupa diungkapkan oleh salah satu anggota regu SMAN 1 Wonosobo, Yoga Adi Pratama. Ia terharu bisa menjadi jawara dalam lomba cerdas cermat tingkat nasional. Menurut Yoga, perjuangan untuk menjadi juara tidak mudah, sebelumnya ada rasa pesimis. Namun, berkat perjuangan akhirnya mereka bisa juara. ''Allhamdulillah juara,'' katanya dengan terharu.

Ketua MPR Zulkifli Hasan merasa  bangga dengan semua peserta lomba cerdas cermat itu. Mereka semua, kata dia adalah generasi kebanggan bangsa.

Generasi muda unggul, yang diharapkan sadar konstitusi, yang kelak akan menerima estafet kepemimpinan nasional ''Mereka adalah siswa yang medalami empat pilar dengan luar biasa,'' ujar Zulkifli.

Dalam grandfinal LCC 4 Pilar 2015 ini, hadir wakil presiden Jusuf Kalla, seluruh pimpinan MPR RI. Menkumham Yasona Laoli, Wakil ketua DPR Fahri Hamzah dan sejumlah pejabat DPR lainnya.

Lomba cerdas cermat tersebut diikuti oleh 340 pelajar tingkat SMA, dimana 34 provinsi akan mengirimkan masing -masing satu tim yang beranggotakan 10 orang. LCC itu sendiri dilaksanakan pada tanggal 9 sampai 18 Agustus 2015. Selain itu, tim yang akan berlomba di Jakarta itu merupakan hasil seleksi ketat dari masing -masing di daerah.

''Sehingga yang mengikuti LCC ini adalah tim terbaik dari wilayah mereka. Setelah itu mereka akan berangkat ke Jakarta,'' kata kepala biro humas MPR Ma'ruf Cahyono.

Ma'ruf menambahkan, dari 34 tim tersebut, akan disaring kembali hingga menyisakan tiga tim untuk lolos ke grandfinal. Tempat pelaksanaan lomba rencananya akan digelar di komplek parlemen. ''Dari grandfinal tersebut baru akan ditentukan juaranya,'' ujar dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
Terpopuler