Jumat 02 Aug 2013 04:34 WIB

Indonesia Penting Bagi Prancis

Red: M Irwan Ariefyanto
Menlu Prancis, Laurent Fabius
Foto: AP
Menlu Prancis, Laurent Fabius

REPUBLIKA.CO.ID,Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius melakukan lawatan resmi ke Indonesia pada 1 sampai 3 Agustus. Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Fabius di Kawasan Asia Tenggara. Secara simbolis, lawatan pertama Fabius ini menunjukkan betapa pentingnya Indonesia bagi Prancis. Fabius menekankan komitmen Prancis untuk terus meningkatkan kerja sama dengan Indonesia. Dari mulai pendidikan, ekonomi, politik, hingga stabilisasi keamanan di kawasan.

Di bidang stabilitas keamanan di ASEAN, Fabius mengatakan Prancis siap berperan dalam mendorong upaya ASEAN dan Cina untuk merumuskan tata perilaku di Laut Cina Selatan. Selama ini konflik perbatasan di Laut Cina Selatan telah membuat ketegangan antara Cina dan sejumlah negara di ASEAN seperti Vietnam dan Cina. Berikut petikan wawancara khusus wartawan Republika Teguh Firmansyah dengan Laurent Fabius yang dilakukan secara tertulis.

1. Bagaimana Anda melihat hubungan Indonesia dengan Prancis?

Hubungan antara Indonesia dan Prancis amat baik. Kita adalah mitra strategis sejak tahun 2011. Indonesia telah kami pilih untuk menjadi negara pertama di kawasan Asia Tenggara yang terhubung dengan kami dalam kerangka kemitraan strategis. Indonesia juga merupakan negara pertama di kawasan ini yang menjadi tujuan lawatan resmi saya. Keputusan ini bersifat simbolis. Dengan cara inilah saya ingin menggarisbawahi pentingnya Indonesia bagi Prancis.