Selasa 17 Sep 2013 12:56 WIB

30 Ulama Sepuh Dorong Mahfud MD 'Nyapres'

Rep: Andi Ikhbal/ Red: Citra Listya Rini
Mahfud MD
Foto: Antara
Mahfud MD

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG -- Sebanyak 30 kiyai sepuh Jawa Timur dan Jawa Tengah menyatukan suara untuk mendorong Mahfud MD sebagai calon presiden 2014. Pertemuan tersebut berlangsung di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, Rabu (18/9).

Perwakilan pondok pesantren, Shofiyullah Muzammil mengatakan, konsolidasi itu merupakan komitmen pihak pesantren di sejumlah daerah untuk mendukung Mahfud. Dia juga berharap, mesin poltik NU yaitu PKB dan PPP, bersatu sebagai partai poros tengah.

"Sebab warga Nahdiyin telah menetapkan figur yang dianggapnya layak untuk maju," kata Shofi saat dikonfirmasi Republika, Selasa (17/9).

Dia menambahkan, pertemuan besok sekaligus membulatkan hasil klarifikasi politik, partai mana yang akan dipilih sebagai pengusung Mahfud. Sejauh ini, komunikasi yang terjalin mengarah pada PDI Perjuangan dan Partai Gerindra.

Lalu alasan mengapa kordinasi itu melibatkan kalangan kiyai, kata Shofi, karena tidak dipungkiri, mereka membawa pengaruh pada suara umat. Dengan bersatunya suara para ulama tersebut, diharapkan warga Nahdiyin dapat mengikuti ikhtiar itu.

"Dan Mahfud pun lahir di komunitas kyai," ujarnya. 

Sejumlah kiyai yang sudah mengkonfirmasi untuk hadir antara lain, Maimun Zubair dari Sarang, Muhit Muzadi dan Hasyim Muzadi (Malang), Nawawi (Sidogiri), Salahuddin Wahid (Tebuireng), Haris Shadaqah (Semarang), Badawi Basyir (Kudus), Gus Yusuf Chudlori (Tegalrejo), serta lainya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement