Selasa 08 Oct 2013 14:40 WIB

Kejutan The Hammers di White Hart Lane

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi
West Ham United
Foto: AP/Kirsty Wigglesworth
West Ham United

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- West Ham akhirnya mampu memetik kemenangan tandang pertama mereka di ajang Liga Primer Inggris musim ini.

Tidak tanggung-tanggung, the Hammers mampu mengejutkan rival sekotanya, Tottenham Hotspur, lewat torehan tiga gol dalam waktu 13 menit pada Ahad (6/10) malam WIB.

Dalam laga di pekan ketujuh Liga Primer Inggris itu, pelatih West Ham United, Sam Allardyce, membuat sejumlah perubahan di susunan starting line up timnya. Dia memasukan Ricardo Vaz Te dan Stewart Downing di deretan pemain the Hammers.

Bermain imbang tanpa gol di babak pertama, West Ham akhirnya mampu menyudahi perlawanan tuan rumah dalam laga yang digelar di Stadion White Hart Lane tersebut.

Mimpi buruk tim besutan Andre Villas Boas (AVB) itu datang pada menit ke-66 saat Winston Reid mampu merobek gawang Hugo Lloris usai memanfaatkan assist dari Kevin Nolan.

Berselang enam menit kemudian, the Hammers mampu menambahkan keunggulan lewat torehan Vaz Te yang mampu memanfaatkan bola rebound dari Lloris. West Ham pun menutup lawatan ke White Hart Lane dengan aksi brilian gelandang muda Ravel Morrison.

Gelandang berusia 20 tahun itu mampu melewati hadangan Jan Vertonghen dan Michael Dawson sebelum akhirnya menaklukan Hugo Lloris pada menit ke-79.

Kemenangan Kejutan

Ini menjadi kemenangan perdana tim asal London Timur itu di kandang Spurs sejak 1999 silam. Selain itu, ini juga menjadi kemenangan tandang pertama the Hammers di Liga Primer Inggris musim ini.

Allardyce pun mengungkapkan kegembiraannya terkait penampilan anak-anak asuhnya tersebut. Menurut Big Sam --julukan Allardyce, hasil ini dapat menjadi pukulan buat Spurs yang begitu aktif di bursa transfer musim panas Eropa silam.

''Jika para pendukung Spurs mengira tim mereka bakal mendapat tiga poin mudah dari lawatan kami, maka mereka akan mendapat kejutan seperti sebuah tendangan di bagian belakang mereka,'' tutur Big Sam seperti dikutip Metro.

Big Sam bahkan mengaku dia pun terkejut dengan hasil yang diraih anak-anak asuhnya di laga tandang keempat mereka di Liga Primer Inggris.

Pasalnya, dalam tiga laga tandang sebelumnya, Kevin Nolan dan kawan-kawan tidak pernah bisa mencetak gol. Kemenangan atas Spurs ini pun mengantarkan West Ham ke posisi ke-13 klasemen sementara Liga Primer Inggris.

Bangkit

Spurs bukan tanpa upaya untuk bangkit di laga tersebut. Pelatih Andre Villas Boas sempat memasukkan Roberto Soldado kala timnya tertinggal dua gol.

Namun, usaha tersebut sia-sia lantaran the Hammers justru mampu mencetak gol tambahan. AVB pun menilai kekalahan ini sebagai peringata buat the Lilywhites.

''Kami sempat berusaha memasukkan semua senjata yang kami punya untuk bisa bangkit. Tapi, semuanya gagal karena mereka bisa sangat agresif dan terus berjuang untuk mendapatkan bola,'' tutur AVB, julukan Villas-Boas, seperti dikutip Sky Sports.

Pelatih asal Portugal itu pun menuntut timnya untuk bisa bangkit kala menghadapi Aston Villa di laga pekan kedelapan Liga Primer Inggris pada Ahad (20/10) mendatang.

Kekalahan ini pun melemparkan Spurs ke posisi keenam klasemen sementara. Mereka memiliki selisih tiga angka dengan pemuncak klasemen sementara Arsenal.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Liverpool Liverpool 6 5 0 1 12 10 15
2 Manchester City Manchester City 6 4 2 0 14 8 14
3 Arsenal Arsenal 6 4 2 0 12 7 14
4 Chelsea Chelsea 6 4 1 1 15 8 13
5 Aston Villa Aston Villa 6 4 1 1 12 3 13
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement