Selasa 29 Oct 2013 20:53 WIB

Jerman Dominasi Kandidat Peraih Ballon d'Or 2013

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Karta Raharja Ucu
FIFA Ballon d'or
Foto: FIFA.com
FIFA Ballon d'or

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) merilis 23 kandidat peraih gelar pemain terbaik dunia (FIFA Ballon d'Or) 2013. Timnas Jerman mendominasi kandidat calon pemain terbaik dunia dengan mengirim lima wakilnya.

Kelima pesepak bola berpaspor Jerman itu empat di antaranya bermain di Bayern Muenchen, yakni Philipp Lahm, Thomas Muller, Manuel Neuer, Bastian Schweinsteiger. Sedangkan satu pemain lainnya adalah gelandang Arsenal, Mesut Ozil.

Dari 23 pemain tersebut, tujuh di antaranya bermain di Bundesliga Jerman, enam dari Muenchen dan satu dari Borussia Dortmund. Lahm, Muller, Neuer, Schweinsteiger, Arjen Robben (Belanda), dan Franck Ribery (Prancis). Sedangkan Dortmund mengirimkan satu wakilnya, Robert Lewandowski dari Polandia.

Dominasi Jerman itu tak lepas dari keberhasilan Muenchen dan Dortmund mencapai final Liga Champions musim lalu.

Sedangkan dari Liga Primer Inggris, ada empat nama yang menjadi kandidat peraih Ballon d'Or 2013, yakni Robin van Persie (Manchester United/Belanda), Yaya Toure (Manchester City/Pantai Gading), Eden Hazard (Chelsea/Belgia), dan Luis Suarez (Liverpool/Uruguay).

Penyerang anyar Real Madrid, Gareth Bale yang bermain ciamik musim lalu bersama Tottenham Hotspur juga jadi nominator. Winger asal Wales itu menemani Cristiano Ronaldo sebagai wakil Madrid.

Sementara gelandang Juventus, Andrea Pirlo menjadi satu-satunya pesepak bola asal Italia dan Liga Italia Serie-A yang masuk daftar tersebut.

Barcelona juga mengirimkan wakilnya, yakni Neymar (Brasil), Xavi Hernandez (Spanyol), Andres Iniesta (Spanyol), dan Lionel Messi (Argentina).

Messi, Ronaldo dan Ribery menjadi kandidat terkuat peraih Ballon d'Or musim ini. Pengumuman peraih Ballon d'Or 2013 akan digelar pada 13 Januari 2014 mendatang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement