Ahad 03 Nov 2013 17:00 WIB

Tantangan Muslim Asia Tenggara

Red: Agung Sasongko
Peta ASEAN
Foto: confluence.furman.edu
Peta ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, LANGKAWI -- Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) Bahrul Hayat optimis bahwa umat Islam di kawasan Asia Tenggara (Asean) akan bersatu dan bekerjasama dalam menghadapi tantangan yang besar, seiring dengan makin strategis posisi negara-negara bersangkutan dalam kancah politik internasional.

Pernyataan tersebut dikemukakan Sekjen seusai mengikuti Mesyuarat Senior Official Meeting (SOM) Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS) ke-38 yang berlangsung pada 28-31 Oktober di Langkawi, Malaysia.

Pada pertemuan itu, kata Bahrul, Menteri di Jabatan Perdana Menteri, Datuk Seri JamilKhir Baharom mengangkat isu liberalisme dan pluralisme umat Islam Nusantara yang perlu diperhatikan karena melalui serangan pemikiran dapat membawa perpecahan.

Memang pemuka agama Islam di kawasan Asia Tenggara (Asean) dituntut tanggungjawab dan perannya lebih besar lagi karena perkembangan dunia informasi dan teknologi demikian besar disamping posisinya sangat strategis sebagai benteng menghadapi isu yang mengancam umat tersebut di Nusantara, kata Bahrul.