Kamis 14 Nov 2013 10:21 WIB

Diperiksa KPK, Ruhut Juga Akui Ada Pembagian Uang Dalam Kongres Demokrat

Rep: Bilal Ramadhan/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ruhut Sitompul
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Ruhut Sitompul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengakui pernah mendengar adanya pembagian uang ke setiap DPC dalam kongres. Meski ia baru mendengar dari Sutan Bhatoegana terkait pemberian Blackberry yang diberikan M. Nazaruddin saat kongres.

"Kaitan bagi-bagi angpao dan duit, aku kan sudah sering nanya, aku selalu bilang begini, ibarat aku cium bau itu tapi kita bisa nggak melihat itu, nggak bisa kan, tapi aku cium bau-bau aroma itu," kata Ruhut yang ditemui saat tiba di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (14/11).

Ruhut membenarkan adanya pembagian uang ke setiap DPC pada saat pelaksanaan kongres. Namun ia mengaku hanya sebatas mendengarnya dan tidak melihatnya secara langsung. Sedangkan menurutnya dalam hukum kan harus berdasarkan bukti dan fakta, tidak berdasarkan kata-kata orang lain.

Sedangkan untuk pembagian Blackberry, ia mengaku baru mendengarnya dari Sutan Bhatoegana. Ia membantah ikut menerima ponsel itu pada saat kongres. Pada saat pelaksanaan kongres, lanjutnya, ia dan keluarga menginap di Hotel Panghegar Bandung dengan biaya sendiri.