Ahad 17 Nov 2013 10:57 WIB

Warga Padang Ramai-Ramai Hadiri Puncak Pesta Tabuik

Red: Hazliansyah
Anak nagari memanjat Tabuik di antara puluhan ribu warga menyaksikan prosesi Tabuik dibuang ke laut, di Pantai Gandoriah Pariaman, Sumbar, Minggu (25/11).
Foto: Antara/Iggoey el Fitra
Anak nagari memanjat Tabuik di antara puluhan ribu warga menyaksikan prosesi Tabuik dibuang ke laut, di Pantai Gandoriah Pariaman, Sumbar, Minggu (25/11).

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN -- Penumpang kereta api (KA) kelas ekonomi Sibinuang rute Padang tujuan Pariaman membludak. Lima gerbong yang disediakan untuk pemberangkatan pertama pada Ahad pagi ini penuh.

"Dari 476 kursi yang disediakan, semuanya terisi penuh oleh penumpang," kata Kepala Stasiun Kota Pariaman Afrizal, di Pariaman, Ahad.

Ia menjelaskan, kepadatan penumpang tersebut diperkirakan terjadi karena pada Ahad ini bertepatan dengan puncak perayaan Pesta Budaya Tabuik kota itu.

"Tahun-tahun sebelumnya juga begitu, ada peningkatan jumlah penumpang khusus pada puncak perayaan pesta budaya tabuik," katanya.

Padahal, menurut Afrizal, jumlah penumpang rata-rata pada Ahad pagi itu hanya berkisar antara 100 sampai 200 penumpang.

Puncak perayaan Pesta Budaya Tabuik Kota Pariaman 2013 dipusatkan di Lapangan Merdeka kota itu (sekitar 150 meter dari Stasiun Kereta Api Pariaman) dan Pantai Gandoriah (sekitar 150 meter dari Stasiun Kereta Api Pariaman).

Berdasarkan jadwal resmi yang dikeluarkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata setempat, rangkaian kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Merdeka pada Ahad pagi ini telah dimulai sejak pukul 09.00 WIB.

Di lapangan itu, akan ada atraksi kesenian dari sejumlah tim seni kota itu, termasuk sajian lagu orkestra "Buraq Piaman" dan prosesi "Hoyak Tabuik". Kegiatan di Lapangan Merdeka akan berakhir sampai pukul 17.30 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 17.30 WIB hingga pukul 18.00 WIB, puncak perayaan pesta budaya tahunan tersebut akan ditutup dengan prosesi Membuang Tabuik (ke laut).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement