Rabu 04 Dec 2013 12:57 WIB

'Bu Pur Hanya Kenalan Baik SBY'

Rep: Esthi Maharani/ Red: Fernan Rahadi
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Foto: ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA – Selang sehari setelah munculnya nama Bu Pur yang dikaitkan dengan lingkaran Cikeas, lingkungan istana kepresidenan angkat suara. Pernyataan diberikan oleh Kepala Sekretariat Presiden Nanang Djuana Priyadi saat ikut kunjungan kerja Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke Bali, Surabaya, dan Madura.

Nanang mengatakan Ibu Pur atau Sylvia Sholeha tidak pernah bekerja sebagai Kepala Rumah Tangga (Karumga) kediaman pribadi Presiden SBY. Ia mengatakan Ibu Pur hanya kenalan baik Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono. 

“Ibu Pur hanya kenalan baik Presiden SBY dan Ibu Negara Ani Yudhoyono,” kata Nanang di Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, Rabu (4/12) pagi seperti dikutip dalam situs www.setkab.go.id.

Ia menceritakan, sejak terpilih menjadi Presiden di 2004, Presiden SBY tidak pernah mempekerjakan seorang kepala rumah tangga di Cikeas. Selama masa kepemimpinan SBY, ada lima pejabat kepala rumah tangga kepresidenan. “Tidak ada nama Ibu Pur," ungkapnya.

Ia menyebutkan, kelima nama yang pernah menjabat sebagai kepala rumah tangga kepresidenan sejak 2004 adalah Kemal Munawar, yang memasuki masa pensiun. Selanjutnya, Kemal  diganti oleh Ahmad Rusdi, yang sekarang menjabat Kepala Protokol Negara, Kementerian Luar Negeri.

Lalu, Setia Purwoko yang sekarang sudah pensiun. Selanjutnya Winata Supriatna, yang saat ini menjabat sebagai Staf Khusus Presiden Bidang Administrasi dan Keuangan.  Terakhir, dijabat oleh Nanang Djuana Priyadi.

Nanang juga menjelaskan, sejak 2011 nomenklatur kepala rumah tangga kepresidenan diganti menjadi kepala sekretariat presiden."Jadi, tidak benar kalau ada nomenklatur kepala rumah tangga Cikeas. Tidak ada itu. Kalau pun ada, di Cikeas itu namanya petugas pelayanan rumah tangga presiden," katanya.

Sebelumnya, dalam sidang tipikor untuk kasus Hambalang, Mindo Rosalina Manulang mengaku mengetahui sosok Bu Pur yang mendapatkan proyek pengadaan peralatan olahraga terkait pembangunan sarana olahraga di Hambalang. Saat ditanya apakah mengetahui sosok Bu Pur yang dimaksud, Mindo menjawab "Bu Pur kepala rumah tangga Cikeas. Dia juga pengen proyek peralatan ini".

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement