Rabu 25 Dec 2013 16:09 WIB

Ini Pengalihan Rute Lalu Lintas Dari dan Menuju Bandara Soekarno-Hatta

Red: Nidia Zuraya
Desain baru bandara internasional Soekarno Hatta
Desain baru bandara internasional Soekarno Hatta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arus lalu lintas melalui akses pintu M1 menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten, akan dialihkan terkait sejumlah pembangunan yang termasuk dalam rencana pengembangan bandara tersibuk di Indonesia tersebut.

Saat dilakukan pengalihan rute M1, calon penumpang pesawat atau pengunjung yang ingin ke Bandara Soekarno-Hatta dari arah Tangerang bisa melalui Jalan Perimeter Selatan Bandara dengan rute Jl Surya Darma-Jl Perimeter Selatan-Jl Husein Sastranegara -Jl P1 Bandara.

Sementara dari Bandara Soekarno-Hatta untuk ke Tangerang bisa melalui Jl P2 Bandara-Jl Perimeter Utara-Jl Surya Darma.

Sedangkan bagi pelintas yang ingin ke Jakarta dari Tangerang dan sebaliknya disarankan tidak melalui Jalan Perimeter Selatan maupun Perimeter Utara.

Namun, pelintas yang ingin ke Jakarta dari Tangerang bisa melalui Jl Surya Darma atau Jl Daan Mogot-Jl Pembangunan III-Jl. Juanda-Jl Garuda-Jl Halim Perdanakusuma-Jl Husein Sastranegara-Jl Tol Sedyatmo.

Sebaliknya pelintas yang ingin ke Tangerang dari Jakarta melalui Tol Sedyatmo-exit tol Rawa Bokor-Jl Husein Sastranegara-Jl Halim Perdanakusuma-Jl Garuda-Jl Juanda-Jl Pembangunan III-Jl Surya Darma atau Jl Daan Mogot.

Program pengenalan rute pengalihan akses dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta tersebut telah diputuskan melalui rapat yang dilaksanakan antara PT Angkasa Pura II, Kepolisian Resor Bandara Soekarno-Hatta, dan Kantor Otoritas Bandara Wilayah I Jakarta.

Senior General Manager PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta Bram Bharoto Tjiptadi mengatakan pola pengalihan ini juga dilakukan agar masyarakat lebih dulu terbiasa berlalu lintas melalui Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan sebelum pengalihan rute dilakukan permanen.

Bram mengatakan dengan terlebih dahulu melakukan pengenalan pengalihan rute kepada masyarakat maka diharapkan bisa memastikan kelancaran lalu lintas di Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan.

"Pengenalan lalu lintas dengan pola buka-tutup ini juga guna menjamin kelancaran lalu lintas, agar calon penumpang pesawat atau masyarakat yang bertujuan ke bandara tidak kaget saat nantinya akses melalui Pintu M1 dialihkan secara permanen ke Jalan Perimeter Utara dan Perimeter Selatan," paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement