Senin 07 Apr 2014 12:16 WIB

Bank Dunia Pertahankan Pertumbuhan Asia Timur di Level 7,1 Persen

Red: Nidia Zuraya
Pertumbuhan Ekonomi (ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Pertumbuhan Ekonomi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  SINGAPURA -- Bank Dunia mengatakan Senin (7/4), negara-negara berkembang di Asia Timur akan tumbuh 7,1 persen pada 2014 karena mereka mendapatkan keuntungan dari menstabilkan ekonomi global dan menahan dampak dari pemotongan stimulus AS .

Perkiraan untuk ekspansi produk domestik bruto (PDB) tetap tidak berubah dari tahun lalu, membuat Asia Timur merupakan kawasan yang tumbuh tercepat di dunia, kata bank dunia dalam laporan Asia Timur dan Pasifik Economic Update. Namun, tingkat pertumbuhan perkiraan 7,1 persen untuk tahun ini merupakan perlambatan dari laju pertumbuhan rata-rata sebesar 8,0 persen dari 2009 hingga 2013.

Bank Dunia juga memprediksi pertumbuhan ekonomi Cina akan turun menjadi 7,6 persen dari 7,7 persen karena reformasi struktural yang tengah dijalankan raksasa Asia ini. Sementara negara-negara berkembang di kawasan Asia Timur akan tumbuh sebesar 5,0 persen, turun dari 5,2 persen di tahun lalu.

"Asia Timur dan Pasifik telah dikenal sebagai mesin pertumbuhan utama dunia sejak krisis keuangan global," kata Wakil Presiden Regional Bank Dunia untuk kawasan Asia Timur dan Asia Pasifik, Axel van Trotsenburg sebagaimana dilansir AFP.

"Pertumbuhan global yang lebih kuat tahun ini akan membantu wilayah tersebut berkembang pada kecepatan yang relatif stabil sambil menyesuaikan dengan kondisi keuangan global yang lebih ketat," tambah van Trotsenburg dalam sebuah pernyataan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَآ اَقُوْلُ لَكُمْ عِنْدِيْ خَزَاۤىِٕنُ اللّٰهِ وَلَآ اَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلَآ اَقُوْلُ اِنِّيْ مَلَكٌ وَّلَآ اَقُوْلُ لِلَّذِيْنَ تَزْدَرِيْٓ اَعْيُنُكُمْ لَنْ يُّؤْتِيَهُمُ اللّٰهُ خَيْرًا ۗ اَللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا فِيْٓ اَنْفُسِهِمْ ۚاِنِّيْٓ اِذًا لَّمِنَ الظّٰلِمِيْنَ
Dan aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa aku mempunyai gudang-gudang rezeki dan kekayaan dari Allah, dan aku tidak mengetahui yang gaib, dan tidak (pula) mengatakan bahwa sesungguhnya aku adalah malaikat, dan aku tidak (juga) mengatakan kepada orang yang dipandang hina oleh penglihatanmu, “Bahwa Allah tidak akan memberikan kebaikan kepada mereka. Allah lebih mengetahui apa yang ada pada diri mereka. Sungguh, jika demikian aku benar-benar termasuk orang-orang yang zalim.”

(QS. Hud ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement